Kamis 25 Jun 2015 04:21 WIB

Tiga Strategi Membangun Ukhuwah

Rep: c93/ Red: Taufik Rachman
PERSIS
Foto: Republika/Subroto
PERSIS

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sekretaris Umum Persatuan Islam Irfan Syafrudin mengatakan, membangun ukhuwah islamiyah bukan hal yang sepele. Setidaknya ada tiga strategi yang bisa dijalankan agar ukhuwah tersebut bisa terjalin dengan baik.

Ketiga cara tersebut di antaranya adalah kebersamaa, aktivitas konkrit dan saling memahami. "Contoh konkritnya seperti yang sedang diusahakan banyak pihak bahwa kita mencoba bagaimana ke depan itu kalender islam bisa sama terutama dalam penetapan hari-hari besar Islam," kata dia kepada Republika, Rabu (24/6).

Irfan berpendapat dengan persamaan dalam menetapkan hari-hari besar Islam, maka kebersamaan dan solidaritas akan lebih terjalin. Selain itu, keasamaan tersebut diyakininya akan lebih bermanfaan dan demi kemaslahatan umat.

"Memang tidak mudah, tetapi kita sudah dapat momentumnya. Yakni, penetapan satu Ramadhan dan satu Syawal tahun ini jatuh pada hari yang sama," tambah dia.

Irfan menambahkan, Ramadhan tahun ini juga terbilang sangat kondusif. Terlebih, saat ini umat Islam sudah sangat peka baik dalam menolong sesamanya yang seagama, bahkan yang berbeda agama sekali pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement