Ahad 21 Jun 2015 11:55 WIB

Enam Dimensi Menghafal Alquran

Para peserta Camping Quran melakukan kajian Alquran
Foto: Dokumentasi QIC
Para peserta Camping Quran melakukan kajian Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Qur’anic Intelegence Center (QIC) International saat ini lagi punya hajatan besar. Lembaga yang dipimpin oleh Dodi Syihab itu berupaya mencetak para penghafal Alquran melalui program yang dinamakan Camping Qur’an (CQ) Fun Six.

CQ Fun Six diadakan di daerah Gunung Bunder, Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat. “Program ini dimulai April 2015, dan akan berlangsung selama enam bulan. Target kami, dalam waktu enam bulan semua peserta bisa menghafal Alquran 30 juz,” kata Presiden Direktur QIC International itu kepada Republika, Ahad (21/6).

Dodi mengemukakan, progam CQ Fun Six bukan hanya sekadar menghapal Alquran. “Proses menghafal Alquran yang kita pelajari di sini tidak hanya hapal secara zahir saja,” ujarnya.

Menghapal Alquran dalam program CQ Fun Six, kata Dodi, harus sistemik memperbaiki enam dimensi dalam diri selama enam bulan. “Dari apa yang kita hafal, kita dapat mendengar dengan baik, membaca peristiwa secara tajam, mengartikan dengan tepat, memahami dengan jiwa, mempraktikkan dengan komitmen, dan mengajarkan dengan keikhlasan,” tuturnya.

Semua itu, kata Dodi, sangat penting agar program menghafal Alquran menghasilkan pribadi yang rendah hati dari apa yang didengar, sabar dari apa yang dilihat, dan cerdas dari apa yang diartikan.

Selain itu, produktif dari apa yang dimaknai, menyayangi dari apa yang dipraktekkan, dan memiliki jiwa yang hobi memberi memberi dari apa yang diajarkan. “Sehingga dari kesemuanya membentuk pribadi yang memiliki kualitas akhlak mulia dari apa yang dihapal,” papar Dodi Syihab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement