Ahad 21 Jun 2015 11:37 WIB

Menghafal Alquran Itu Menyenangkan

Peserta Camping Quran setor hapalan
Foto: Dokumentasi QIC
Peserta Camping Quran setor hapalan

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR --  Qur’anic Intelegence Center (QIC) International saat ini lagi punya hajatan besar. Yakni berupaya mencetak para penghafal Alquran melalui program yang dinamakan Camping Qur’an (CQ) Fun Six. Tempatnya di daerah Gunung Bunder, Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat.

“Program ini dimulai April 2015, dan akan berlangsung selama enam bulan. Target kami, dalam waktu enam bulan semua peserta bisa menghafal Alquran 30 juz,” kata Presiden Direktur QIC International  Dodi Syihab kepada Republika, Ahad (21/6).

Mengapa programnya dinamakan CQ Fun Six? Dodi bercerita, setelah pihak QIC dalam Mubes di Banjarmasin, 28 Februari - 3 Maret 2015, sepakat untuk mengadakan  program hafal Alquran, maka mereka mencoba memikirkan namanya. “Dimulai dari camping Quran. Karena kita akan menetap di suatu tempat untuk menghafal Alquran  dengan cara meng-camp kan Alquran pada setiap pola pikir, pola rasa, dan pola tindakan,” tutur Dodi.

Dalam program tersebut, kata Dodi, menghafal Alquran bukan sebagaimana orang kebanyakan. Individu, jenuh, dan kening mengkerut. Alquran harus menyenangkan dan menggembirakan. Bukan menjadi beban. "Maka kita tambah dengan kata-kata fun  (menyenangkan). Artinya menghapal Alquran itu menyenangkan,” papar Dodi.

Ia lalu mengutip Alquran  Surah Al Maidah ayat 69, artinya,  “Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja (di antara mereka) yang benar-benar saleh, Maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati

(gembira).”

Alhamdulillah, kata Dodi,  setelah berjalan lebih  bulan, semua hal yang berkaitan dengan sistem program CQ Six Fun  menjadi menyenangkan. Termasuk makan minumnya fun  (bergizi, berkualitas, tidak pernah tidak enak), ada kolam renang fun  (sebagai olahraga dan refreshing). Juga terdapat games-games fun, kajian pemahaman yang fun.  Program nonton bersama fun.

“Dan yang paling fun  adalah ketika 1 ayat berhasil kita hafal. Tidak terhitung nilainya. Rasanya tak ada lagi artinya uang miliaran, emas, atau apapun harta di dunia ini. MasyaAllah!” papar Dodi Shihab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement