Selasa 16 Jun 2015 06:01 WIB

Hina Muslim, Guru di Inggris Dipecat

Rep: c38/ Red: Agung Sasongko
Islamofobia (ilustrasi)
Foto: avizora.com
Islamofobia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seorang guru di Inggris dipecat setelah terbukti bersikap kasar pada salah satu staf Muslim. Pihak berwenang melarangnya mengajar setelah ia memanggil seorang staf Muslim “f***ing Muslim.”

Anupe Hanch dinyatakan bersalah atas perilaku tidak profesional di tempat kerja. Mantan guru 49 tahun di Essex ini juga ditemukan telah terlibat dalam intimidasi terhadap Muslim dan beberapa guru lain.

Panel Lembaga Pengajaran dan Kepemimpinan Muslim melakukan peninjauan terhadap alat bukti selama dua pekan sebelum mengambil keputusan ini. Hanch dikenai sanksi larangan mengajar seumur hidup. Keputusan itu didasarkan pada 10 laporan saksi tentang perilaku Hanch.

Peristiwa bermula ketika Hanch tengah memeriksa resume guru baru. Dia mengatakan kepada rekan sejawatnya, sekolah akan tampak ‘seperti Al Jazeera’ jika lebih banyak Muslim dipekerjakan.

“Aku tidak akan menjadi seperti mereka, f---ing Muslim. Mereka mengambil hari libur saat Idul Fitri,” kata Hanch, seperti dilansir dari IBTimes, Senin (15/6).

Sejumlah saksi mengatakan, Hanch sering memperlakukan rekan-rekannya dengan intimidasi dan tidak hormat. Selama tujuh tahun mengajar di SMP Gearies, ia diduga sering mengucapkan kata-kata tidak senonoh dan berteriak pada siswa berkebutuhan khusus.

Hakim Paul Heatchcote menambahkan bahwa Hanch seharusnya tidak diperbolehkan untuk melamar mengajar di tempat lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement