Senin 25 May 2015 04:11 WIB

MTQ Bangkitkan Perekonomian Masyarakat

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.
Foto: Republika/Prayogi
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih kepada Pemprov Jawa Timur yang telah memberikan kepercayaan kepada Banyuwangi untuk menjadi tuan rumah.

"Terima kasih kepada Pakde Karwo atas kepercayaannya. Semoga kegiatan ini juga bisa ikut mendorong gerak perekonomian masyarakat kami dengan kehadiran lebih dari 2.000 orang ke Banyuwangi," katanya.

Anas optimistis, kegiatan MTQ bisa ikut menggerakkan perekonomian lokal. Selama sepekan berlangsungnya MTQ, juga digelar pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari seluruh Jatim.

"Total ada 76 stan UMKM dari 38 kabupaten/kota seluruh Jatim. Selain itu, ada tambahan 70 stan UMKM lokal Banyuwangi yang menampilkan berbagai jenis produk khas Banyuwangi, termasuk kuliner lokal setempat seperti nasi tempong, rujak soto, bagiak, sale pisang, dan minuman herbal," katanya.

Menurut dia, ribuan peserta dan pendamping dari seluruh Jatim tentu akan membeli oleh-oleh dari Banyuwangi. Mereka juga bersantai, membeli makanan, dan mengunjungi tempat wisata di Banyuwangi.

Terdapat 22 hotel di Banyuwangi yang disewa oleh para peserta/pendamping dari seluruh Jatim. "Ini tentu menggerakkan perekonomian warga. Sekali lagi kami berterima kasih kepada Gubernur Jatim Pakde Karwo yang telah memberi kepercayaan kepada Banyuwangi," kata Anas.

MTQ ke-26 Jawa Timur yang dipusatkan di Banyuwangi dibuka dengan ceramah dari KH Muzakki Syah, pengasuh Ponpes Al-Qodiri Jember serta dihibur oleh penyanyi religi Opick. Sejumlah kepala daerah di Jatim juga hadir pada pembukaan itu.

MTQ Jatim merupakan festival membaca kitab suci Al-Quran yang diselenggarakan oleh Pemprov Jawa Timur setiap dua tahun sekali. Tahun ini, ajang tersebut diikuti 1.671 kafilah (peserta) dan sekitar 400 pendamping dari seluruh Jatim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement