Senin 09 Feb 2015 17:48 WIB

Ponpes Pencetak Hafidz Ini tak Lagi Kesulitan Air Bersih

 Ponpes Al Abqary, Serang, Banten,
Foto: Badan Wakaf Alquran
Ponpes Al Abqary, Serang, Banten,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air sudah terdistribusi merata, mulai asrama sampai dapur semua sudah tidak kesulitan air lagi. “Alhamdulillah, agenda santri juga lebih tertib sekarang,” ujar Ustadz Muhammad Zaki (28 tahun), salah seorang pengajar di Ponpes Al Abqary, Serang, Banten, Rabu (21/1).   

Pendistribusian air merata lantaran beberapa waktu lalu, telah dipasang dua tangki air (water tank) wakaf dari kaum Muslimin yang masing masing berkapasitas 5000 liter untuk asrama putra dan asrama putri serta tangki berkapasitas 800 liter untuk dapur.

Sebelumnya, sumur bor dengan ke dalaman 80 meter yang dibuat pada Mei 2014 telah menjadi solusi atas krisis air bersih yang ada di pondok ini sehingga aturan menggunakan air maksimal lima gayung setiap kali mandi tinggal sejarah.

Menurut penanggung jawab program Water Action for People (WAfP) BWA Darminto, pekerjaan yang belum selesai dalam project wakaf sarana air bersih di Ponpes Al Abqary adalah pembuatan menara air (water tower) yang ke depannya difungsikan untuk memenuhi kebutuhan air yang semakin banyak di ma’had ini.

“Water tower yang berkapasitas 4000 liter ini akan dipakai untuk cadangan air saat padam listrik serta mengurangi biaya beban listrik setiap bulan, karena mengurangi jam kerja mesin pompa submersible,” ungkap Darminto yang menargetkan dana untuk water tower terkumpul pada Februari sehingga Maret sarana air bersih dapat diresmikan.

Progress pembangunan project Wakaf sarana air bersih (WAfP) ini sudah 76%, Tinggal 14% Lagi selesai. Ayo tunaikan Wakaf untuk pondok pesantren pencetak hafidz dan hafidzah ini, semoga kita mendapatkan aliran pahala dari setiap ayat yang telah dihafalkan. Klik disini.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement