Selasa 06 Jan 2015 22:31 WIB

Tanggung Jawab Orang Tua Lindungi Anak dari Pemurtadan

Rep: c03/ Red: Agung Sasongko
Video Kristenisasi
Video Kristenisasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Generasi muda renta pemurtadan, sebab itu perlu pencegahan yang dimulai dari lingkungan keluarga. Ketua Komunitas Muslimah Jakarta, Nungke Ibrahim menilai orang tua berperan penting dalam memberikan dan menanamkan dasar akidah Islam sebagai upaya membentengi anak dari upaya pemurtadan.

"Masalah Kristenisasi yang rentan melanda generasi muda kita juga tanggung jawab besar orang tua, maka wajib bagi orang tua  memberikan pendidikan nilai-nilai agama, aqidah, tauhid," tutur Nungke Ibrahim kepada ROL di Jakarta, Selasa siang (6/1).

Menurut Nungke gerakan kristenisasi tidak melulu dilakukan dengan ekstrim dan secara langsung. hal  yang harus lebih diwaspadai juga adalah budaya non-Muslim yang sengaja diprogram untuk mempengaruhi gaya hidup generasi Muslim Indonesia.

Ia mengutip surat Al-Baqarah ayat 120 yang artinya orang-orang Yahudi dan Nashrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka.  "Dan ini bukan hanya agama, ajaran tapi juga mencoba lewat budaya dan gaya hidup, sehingga pemuda Muslim gaya hidupnya sudah tidak mencerminkan Muslim," tuturnya.

Karena itu ia menghimbau kepada orang tua agar memantau pergaulan anak. Terutama sosok Ibu, kata Nungke yang lebih sering berinteraksi dengan anak diharap mampu memberikan pemahaman tentang dasar aqidah.  "Orang tua jadi yang utama sebelum anak dididik oleh gurunya, yang harus jadi benteng pertama dan untuk lahirkan generasi yang kuat iman, soleh dan solehah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement