Kamis 20 Nov 2014 15:15 WIB

Pekan Muharram Lahirkan Generasi Unggul

Pawai sambut 1 Muharram 1434 H (ilustrasi).
Foto: Antara/Ampelsa
Pawai sambut 1 Muharram 1434 H (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK SIKAPING – Bupati Pasaman, Sumatra Barat (Sumbar), Benny Utama, mengatakan, perlombaan Pekan Muharram yang selalu diadakan setiap tahun di daerah itu diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang unggul.

"Pelaksanaan Pekan Muharram yang rutin dilakukan tiap tahun merupakan bagian dari pengembangan bidang keagamaan di daerah ini untuk melahirkan generasi muda yang unggul," katanya di Lubuk Sikaping, Kamis (20/11).

Hal tersebut disampaikan Bupati Pasaman, dalam penutupan Pekan Muharram 1436 Hijriah, di Masjid Nurul Iman Pasar Rao, Kecamatan Rao.

Ia menambahkan, kegiatan keagamaan yang tumbuh di tengah masyarakat dalam era globalisasi akibat kemajuan teknologi ini patut diapresiasi. Dengan demikian, diharapkan akan muncul manusia-manusia yang unggul, khususnya bagi generasi muda Islam di Pasaman.

Panitia Pekan Muharram, Mendro, mengatakan, Pekan Muharram dibuka pada 13-20 November 2014, dan telah diperlombakan berbagai cabang. Di antaranya cabang rebana tingkat umum, SD/MDA dan SLTP/SMA, juz amma, pidato, Asmaul Husna, serta cabang senam anak Muslim khusus Taman Kanak-kanak.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Rao, Nil Ikhwan, mengatakan, meski keterbatasan dana namun pihaknya bersama seluruh "stake holder" dan masyarakat sepakat menggelar acara tersebut. " Tekad kuat masyarakat yang terus mendorong sehingga acara ini terlaksana," ujarnya.

Dalam penutupan tersebut Bupati Pasaman juga menyerahkan bantuan berupa alat musik gambus senilai Rp 20 juta rupiah bagi Kecamatan Rao.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement