Jumat 31 Oct 2014 15:12 WIB

Mau Marah, Ini 6 Cara Menahannya

Hindari hal-hal yang dapat memancing amarah (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Hindari hal-hal yang dapat memancing amarah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam harus mewaspadai amarah. Begitulah pesan Rasulullah kepada para sahabatnya.

"Seorang pria yang kuat bukanlah orang yang menjatuhkan lawannya di arena gulat. Tetapi seseorang yang mampu mengendalikan amarahnya," kata Rasulullah. Dikatakan pula oleh Rasulullah, tidak ada hal yang lebih baik di sisi Allah daripada menahan marah dan memuji Allah (HR. Al-Tirmidzi, 1324).

Dari perkataan Rasulullah itu dapai disimpulkan bagaimana seorang Muslim menahan amarahnya. Bukan dengan obat fisik tetapi merujuk pada ajaran Alquran dan Hadist. Berikut enam cara seperti yang dapat dilakukan seorang Muslim untuk menahan amarah:

1. Ingat dengan ajaran Alquran dan Hadist tentang mengendalikan amarah. Ini dilakukan karena dapat menahan dari niatan membalas dendam.

2. Takut hukuman Allah dengan menganggapnya lebih besar daripada hukuman manusia.

3. Sadarilah akan ada konsekuensi untuk mengekspresikan kemarahan Anda. Anda mungkin membalas dendam kepada musuh Anda di sini, tapi ia mungkin membalas dendam pada Anda di kemudian hari, baik di sini atau di akhirat.

4. Ingat bahwa orang yang marah tampak seperti binatang buas, sementara orang yang mampu menahan diri itu seperti manusia beradab.

5. Abaikan setan, yang memberitahu Anda bahwa Anda akan lemah jika Anda tidak menjadi marah.

6. Tanyakan kepada diri sendiri: "Mengapa saya harus marah? Apa yang Allah menghendaki telah terjadi. "

Nabi (saw) menyarankan orang yang marah mengatakan: "Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk" (A'udhu billahi min as-setan ar-rajim).

Ketika 'Aisyah (ra) hendak marah, Nabi (saw) menyuruhnya untuk berkata: "Ya Allah, Engkau adalah Tuhan saya dan Nabi Muhammad. Ampunilah dosa-dosaku, hapus kemarahan dari hati saya, dan selamatkan saya dari kesesatan. "

Nabi (saw) berkata: "Kemarahan seperti membakar batu bara. Tidakkah Anda melihat alis Anda lebar-lebar dan mata kemerahan? Jadi, ketika salah satu dari Anda merasa marah, duduk jika berdiri dan berbaring jika duduk. "Dengan kata lain, membuat diri Anda tenang seperti tanah. Karena penyebab murka adalah panas, dan  berbaring di tanah dan membuat tubuh tenang dan sejuk.

Nabi (saw) juga mengatakan: " Ketika salah satu dari Anda marah, ambilah wudhu dengan air,karena kemarahan muncul dari api".

Dalam riwayat lain, ia berkata: "Kemarahan berasal dari setan, dan setan terbuat dari api."Dengan kata lain, jika Anda masih marah setelah tergeletak di tanah, membuat wudhu 'atau ghusl dengan air dingin, karena air memadamkan api.

Khalifah 'Ali bin Abi Thalib berkata: "Nabi tidak marah untuk tindakan apapun dari dunia. Ketika setiap masalah benar mengganggunya tidak ada yang tahu itu, dan tak seorang pun berniat membalas dendam atas kemarahannya. Dia marah hanya untuk kebenaran. "

sumber : Muslimvillage.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement