Senin 27 Oct 2014 14:24 WIB

63 Muslim Albania Selamatkan Yahudi di Era Nazi

Rafik Veseli, fotografer Muslim Albania
Foto: Onislam
Rafik Veseli, fotografer Muslim Albania

REPUBLIKA.CO.ID,  BERLIN -- Sebuah SD di Jerman menggunakan nama seorang Muslim Albania. Penamaan ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap Muslim Albania yang menyelamatkan sebuah keluarga Yahudi di era Nazi.

Adalah Rafik Veseli, fotografer Muslim Albania yang membantu keluarga Moshe Mandil menuju Albania usai dikejar tentara Nazi di Yugoslavia ketika itu. Selama satu dekade terakhir, hubungan keluarga ini begitu dekat. Terakhir, keluarga Moshe menulis kepada Yad Vashem, pusat penelitian Holocoust di Israel tentang jasa keluarga Veseli.

"Mereka (para pelajar) mungkin belum tahu soal warisan Goethe dan Shciller. Tetapi jasa keluarga Veseli merupakan cara yang alami dan mudah dimengerti bagaimana hakikat kehidupan itu," kata keluarga Moshe dalam suratnya kepada Yed Vashem, seperti dilansir Onislam, Senin (27/10).

Selanjutnya, keluarga Rafiek Veseli dianugerahi keanggotaan “Righteous Among the Nations,” satu penghargaan yang dikhususkan pada mereka yang dianggap berjasa melindungi Yahudi semasa Holocaust. Setelah itu, keluarga Moshe diberitahu bahwa sekolah dasar di Berlin diberikan nama Veseli setelah pengumutan suara dilakukan pelajar, orang tua, dan guru.

Sejauh ini, Israel telah memberikan penghargaan “Righteous Among the Nations,” kepada 63 Muslim Albania. Namun, beberapa diantaranya mengembalikan penghargaan itu sebagai tanda solidaritas terhadap warga Palestina yang diperlakukan buruk oleh Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement