Kamis 21 Aug 2014 14:59 WIB

Tradisikan Sains di Lingkungan Madrasah (2-habis)

Rep: c67/ Red: Damanhuri Zuhri
 Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong sedang belajar.
Foto: Republika/Agung Supri
Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong sedang belajar.

REPUBLIKA.CO.ID,

Selain itu, KSM diharapkan mampu mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter kuat, tahan uji, dan memiliki keahlian di bidang masing-masing. "KSM juga akan meningkatkan nalar siswa, kreativitas, dan berpikir kritis," ujar dia.

Nur Kholis menjelaskan, peserta KSM merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang menjadi juara pertama dalam mata pelajaran yang dilombakan.

Ia yakin kompetisi di KSM kali ini lebih ketat. Sebab, para peserta sudah melalui tahapan seleksi yang ketat sejak tingkat madrasah hingga provinsi.

KSM Tingkat Nasional ke-3 di Makassar ini akan diikuti 363 siswa dan siswi madrasah tingkat madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (Mts), dan madrasah aliyah (MA). Untuk tingkat MI akan dilombakan mata pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA).

Untuk tingkat MTs akan dilombakan mata pelajaran matematika, biologi, dan fisika. Sementara, tingkat MA melombakan mata pelajaran matematika, biologi, fisika, kimia, ekonomi, dan geografi. ''Lomba lain, seperti karya tulis siswa berbasis riset, juga akan dilaksanakan.''

KSM dan Expo Madrasah, menurut dia, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan media bagi siswa dan siswi madrasah yang berprestasi.

Para peserta yang menjuarai kompetisi akan mendapatkan apresiasi dari pemerintah. ''KSM dan Expo Madrasah juga merupakan ajang silaturahim antarmadrasah di seluruh Indonesia.''

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement