Rabu 13 Aug 2014 17:36 WIB

10 Ribu Muslim Thailand Siap Jalankan Haji (2-habis)

Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Natalia Endah Hapsari
Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Fuji Pratiwi

Menurut  Wijak Chittarat, sejak awal Ramadhan lalu, Kepala Dewan Nasional Ketentraman dan Ketertiban (NCPO) Thailand, Jenderal Prayut Chan-O-cha berharap yang terbaik bagi Muslim Thailand dalam berbagai penyelenggaraan ibadahnya.

''Kepala Dewan Nasional Ketentraman dan Ketertiban (NCPO) Thailand Jenderal Prayut Chan-o-cha berharap yang terbaik bagi Muslim Thailand dalam berbagai penyelenggaraan ibadahnya tahun ini,'' tutur Chittarat, seperti dilansir Arab News, Sabtu (26/7).

 

NCPO bahkan sempat menggelar buka puasa bersama pada 15 Juli untuk menghormati Muslim Thailand dan Muslim secara umum. Meski mayoritas masyarakatnya memeluk Buddha, Chittarat mengatakan, masyarakat Thailand bisa hidup harmonis.

 

Kebebasan menjalankan keyakinan agama dilindungi raja dan konstitusi. Muslim Thailand, kata Chittarat, selalu menjadi bagian integral Thailand.

 

Ada 800 lembaga pendidikan Islam di Thailand mulai dari tingkat dasar hingga universitas yang mayoritasnya berada di wilayah selatan.

Selain itu, tercatat juga 3.802 masjid di sana yang 681, di antaranya, berada di Pattani. Sementara, Bangkok sendiri memiliki 177 masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement