Selasa 27 May 2014 19:10 WIB

Ulama Faqih Abad ini (1)

Syekh Sayyid Sabiq.
Foto: Hasanalbanna.com
Syekh Sayyid Sabiq.

Oleh: Irwan Kelana

Syekh Sayyid Sabiq dilahirkan di Mesir pada 1915. Ia mendapat pendidikan di Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir, yang menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Syariah.

Di sinilah awal perkenalan beliau dengan Ikhwanul Muslimin. Pada 1948, beliau bersama-sama Ikhwanul Muslimin menyertai Perang Palestina. Akibatnya, beliau dipenjara di bawah tanah pada 1949-1950.

Setelah bebas, Sayyid Sabiq kembali ke al-Azhar dan mendalami bidang dakwah. Beliau aktif dalam Ikhwanul Muslimin sampai menjadi orang kepercayaan Imam Hasan al-Banna, Mursyid al-Am Ikhwanul Muslimin.

Pada 1951, beliau bekerja di Kementerian Awqaf Mesir. Kefasihan ilmunya mulai tampak. Beliau dinaikkan pangkat hingga menjadi Wakil Kementerian Awqaf Mesir.

Pada 1964, beliau berhijrah ke Yaman, kemudian menetap di Arab Saudi mengajar mata kuliah Dakwah dan Ushuluddin, Universitas Ummul-Qura, selama lebih dari 20 tahun.

Sayyid Sabiq merupakan salah seorang ulama al-Azhar yang kesibukannya dengan dunia fikih melebihi apa yang pernah diperbuat para ulama al-Azhar yang lainnya. Ia adalah seorang ulama yang mumpuni dalam ilmu dan mempunyai pemahaman yang luas tentang Islam.

Hal ini ini yang menjadikan Syekh Muhammad al-Ghazali menjuluki Syekh Sayid Sabiq sebagai orang yang paling faqih (ahli fikih) di abad ini. Ia senantiasa menjadi tempat rujukan ulama-ulama besar, termasuk Syekh Sya'rowi.

Selama hampir 50 tahun (setengah abad) sejak pertama kali ditulis, Fikih Sunnah yang di dalamnya terhimpun sekitar tiga ribu hadis, hingga kini terus mendapat sambutan hangat dari umat Islam. Bahkan, ulama sedunia memberikan penghargaan sebagai kitab fikih terbaik zaman ini.

Dalam mengupas suatu permasalahan, Sayyid Sabiq berpedoman pada buku-buku fikih hadis yang menitikberatkan pada masalah hukum seperti kitab Subul as-Salam karya ash-Shan'ani, Syarah Bulugh al-Maram karya Ibn Hajar, dan Nail al-Authar karya asy-Syaukani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement