Selasa 13 May 2014 19:36 WIB

Lintas Batas Peradaban Islam (1)

Islam pernah memimpin peradaban dunia.
Foto: Aksitarih.com
Islam pernah memimpin peradaban dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, Selama lebih dari delapan abad, Islam menguasai peradaban dunia, dari timur hingga barat.

Howard R Turner dalam bukunya Sains Islam yang Mengagumkan, menggambarkan besarnya peradaban umat Islam melalui luas daerah yang dikuasainya di masa lalu.

''Dari Semenanjung Iberia, Sisilia, dan daerah-daerah Muslim di Asia Tenggara. Daerah-daerah yang dikuasai Islam saat ini hampir sama dengan yang diwarisi kaum Muslim pada puncak imperium yang pertama, antara abad ke-9 dan ke-11,'' tulisnya.

Atas fakta sejarah itu, umat Muslim wajib bertanya tentang keadaan sekarang yang justru terbalik. Islam pernah memimpin peradaban dunia dengan prestasi yang gemilang selama berabad-abad.

Lantas, langkah apa yang mesti ditempuh umat Islam untuk dapat kembali meraih kembali kegemilangan yang telah hilang itu?

Prof Dr Komaruddin Hidayat, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan umat Islam untuk memajukan kembali peradaban Islam itu.

Pertama, umat Islam harus mampu memelihara yang baik dari budayanya. Kedua, mampu berinovasi. Dan, ketiga, mau mengapresiasi peradaban lain yang bagus. “Singkatnya, umat Islam perlu membangun sikap terbuka.”

Jika menengok ke masa lampau, keterbukaan merupakan kunci kemajuan peradaban Islam. Kuntowijoyo dalam Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi mengatakan, Islam adalah sebuah paradigma yang terbuka.

Ia merupakan mata rantai peradaban dunia. Dalam sejarah, kita melihat Islam mewarisi peradaban Yunani Romawi di Barat dan peradaban-peradaban Persia, India, dan Cina di Timur.

sumber : Dok Rep/Rid
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement