Selasa 18 Mar 2014 21:41 WIB

Tiga Kafilah MTQ Kepri Tiba di Karimun

Pelabuhan Karimun
Pelabuhan Karimun

REPUBLIKA.CO.ID, KARIMUN -- Tiga kafilah Musabaqah Tilawatil Quran V tingkat Provinsi Kepulauan Riau, tiba di Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun yang menjadi tuan rumah pelaksanaan perhelatan seni baca al Quran.

Ketiga kafilah itu yakni Kabupaten Bintan, Anambas dan Natuna, yang tiba dengan kapal, Selasa.

Kafilah Kabupaten Bintan tiba sekitar pukul 09.20 WIB dengan menumpang feri Dumai Ekspress 15. Sedangkan kafilah Anambas dan Natuna, masing-masing tiba sekitar pukul 15.00 WIB dan 17.00 WIB dengan menumpang kapal sewaan.

Kedatangan ketiga kafilah itu disambut dengan tabuhan kompang oleh panitia penyelenggara menuju rumah dinas Bupati Karimun di Taman Bunga.

Rombongan masing-masing kafilah kemudian menuju penginapan, yaitu Hotel Himalaya untuk kafilah Bintan, Hotel Paragon untuk Anambas dan Hotel Mahkota untuk kafilah Natuna.

"Seluruh kafilah yang datang kita sambut dengan kompang sebagai tradisi penyambutan adat Melayu," kata Seksi Acara dan Penyambutan Kafilah MTQ V tingkat Provinsi Kepri Bakri Hasyim.

Sedangkan pada Rabu (19/3), tiga kafilah lain, yaitu Kota Batam, Tanjungpinang dan Lingga juga dijadwalkan tiba di Tanjung Balai Karimun.

"Besok hari terakhir, karena lusa (Kamis/20/3) sudah memasuki acara pembukaan," ucapnya.

Bakri mengatakan, sebelum kedatangan kafilah Bintan, Anambas dan Anambas, Bupati Karimun Nurdin Basirun juga melepas kafilah tuan rumah di kediaman dinasnya.

Bupati dalam kesempatan itu, kata dia, memberikan pengarahan agar kafilah tuan rumah agar bertanding dengan sebaik-baiknya sehingga mampu mempertahankan predikat sebagai juara umum.

MTQ V tingkat Provinsi Kepulauan Riau dipusatkan di pelataran panggung rakyat Putri Kemuning di pesisir pantai "Coastal Area" Tanjung Balai Karimun.

Tujuh kafilah dari tujuh kabupaten/kota akan unjuk kebolehan dalam ajang lomba seni baca al Quran di provinsi kepulauan tersebut.

Bakri mengatakan, pada hari pembukaan akan dilaksanakan pawai taaruf yang diikuti seluruh kafilah.

Berdasarkan jadwal, Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo, pada Rabu (18/3) akan meninjau persiapan pelaksanaan MTQ.

Selain memperlombakan berbagai cabang seni baca al al Quran, pelaksanaan MTQ juga dimeriahkan dengan pameran pembangunan dengan jumlah stan sebanyak 165, peresmian Tugu Taqwa di "Coastal Area", peresmian Pesantren Perbatasan di Pulau Parit dan Wisuda Santri Taman Pendidikan al Quran sebanyak 6.666 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement