Ahad 08 Sep 2013 14:35 WIB

Embarkasi Palembang Berkurang Empat Kloter

Rep: Maspril Aries/ Red: Djibril Muhammad
Jamaah haji menaiki pesawat dari embarkasi Solo
Foto: antara
Jamaah haji menaiki pesawat dari embarkasi Solo

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Embarkasi haji Palembang saat ini telah siap menampung dan memberangkatkan calon jamaah haji (calhaj) dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

Kepala Subbagian Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenang) Sumsel Saefudin, Ahad (8/9) mengatakan, "Segala kebutuhan dan fasilitas untuk keberangkatan calon jemaah haji dari embarkasi Palembang saat ini sudah siap. Calon jemaah kelompok terbang atau kloter pertama akan masuk asrama haji 17 September dan terbang menuju tanah haram pada 18 September 2013 melalui bandara internasional SMB II."

Menurut Saefudin dari embarkasi Palembang akan memberangkatkan 5.088 calon jemaah haji yang terbagi dalam 17 kloter yang berasal dari jemaah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

"Jika tahun lalu dari embarkasi Palembang yang berangkat sebanyak 21 kloter maka pada musim haji 1434 H ini berkurang empat kloter, jadi hanya 17 kloter," katanya.

Pengurangan kuota jemaah embarkasi Palembang pada musim haji tahun ini sebanyak 1.260 jamaah dan 788 jamaah adalah mereka yang sudah melunasi ONH namun harus menunda keberangkatannya pada musim haji tahun depan.

Untuk keberangkatan kloter pertama embarkasi Palembang menurut Kasubag Humas Kemenag Sumsel sebanyak 360 jemaah yang akan berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia berasal dari Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Empat Lawang ditambah jemaah mandiri.

"Para jemaah kloter pertama akan masuk asrama haji pada 17 September lalu terbang ke tanah haram pada 18 September. Keberangkatan calon jemaah haji kloter pertama rencananya akan dilepas langsung Gubernur Sumsel Alex Noerdin bersama anggota Komisi VIII DPR yang akan datang ke Palembang. Pelepasan akan dipusatkan di asrama haji," ujar Saefudin.

Untuk calon jemaah haji embarkasi Palembang akan berangkat dua gelombang. "Gelombang pertama adalah mereka yang tergabung dalam kloter pertama sampai kloter 10, mereka ini akan ke Madinah dulu. Lalu gelombang kedua adalah kloter 11 sampai kloter 17 dan para jemaah ini akan langsung ke Makkah," kata Saefudin menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement