Ahad 19 May 2013 06:16 WIB

Maarif NU Gelar Kemah Nasional

Rep: Rosita Budi Suryaningsihhhhhh/ Red: Heri Ruslan
Nahdlatul Ulama
Foto: abunamira.wordpress.com
Nahdlatul Ulama

REPUBLIKA.CO.ID, Maarif, sebagai departemensasi dari Nahdlatul Ulama yang berfokus dalam bidang pendidikan dasar, banyak mengadakan kegiatan positif untuk memupuk siswa yang berkarakter.

Salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan Perkemahan Wira Karya Gerakan Pramuka Nasional (Perwimanas) Maarif NU.

Kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh para wakil dari maarif NU di seluruh propinsi di Indonesia. Penyelenggaraannya masih satu bulan lagi, yaitu 24 hingga 29 Juni 2013, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Ketua PP Lembaga Pendidikan Ma arif NU Arifin Junaidi, mengatakan perkemahan ini, nantinya akan diikuti lebih dari 3 ribu peserta pramuka penegak dari seluruh Indonesia. Ini adalah kali pertama Maarif menggelar perkemahan secara nasional.

 

“Perkemahan serupa pernah dilakukan tapi hanya di tingkat kabupaten atau propinsi saja,” ujarnya.

Tujuan gelaran acara ini adala untuk menciptakan persaudaraan baru, mewujudkan kebersamaan dan mengeratkan kekeluargaan. “Interaksi yang terjadi antar peserta secara tak langsung menyosialisasikan nilai-nilai kebersamaan,” ujarnya di Gedung PBNU Jakarta, Sabtu (18/5).

Selain itu juga untuk membentuk karakter dari generasi muda NU. Selama perkemahan berlangsung mereka akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kedisiplinan, wawasan kebangsaan, persatuan dan kesatuan serta kebhinekaan, yang belum didapatkan dari bangku sekolah biasa.

Perkemahan ini juga sebagai pembentukan insan yang bermartabat. Peserta akan memperoleh pendidikan keagamaan dan keislaman yang keindonesiaan, atau yang disebut sebagai paham Aswaja (ahlusunnah wal jamaah) yang ramah, santun, dan bernilai tinggi.

Wakil Ketua Kwartir Nasional Pramuka Amarozal Khatamsi menyambut baik adanya perkemahan yang digelar oleh lembaga yang bernuansa islami.

Menurutnya, pramuka sejalan dengan nilai agama islam. “Gerakan pramuka melengkapi pelajaran yang ada di pondok pesantren,” katanya.

Dari pramuka, bisa didapatkan nilai-nilai luhur kebangsaan dan menggali potensi dari para pemuda. Kegiatan pramuka memang terlihat sepele hanya seperti permainan dan bersenang-senang saja, namun di dalamnya banyak mengandung nilai-nilai positif dan diaktualisasikan pada karya besar. “

Pramuka merupakan implementasi dari nilai-nilai luhur bangsa,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement