Selasa 09 Apr 2013 13:44 WIB

Muslim Polandia Disatukan Islamic Center

Rep: Agung Sasongko/ Red: Karta Raharja Ucu
Muslim Polandia berpose di depan pintu gerbang Islamic Center.
Foto: http://2.bp.blogspot.com
Muslim Polandia berpose di depan pintu gerbang Islamic Center.

REPUBLIKA.CO.ID, KRAKOW -- Berderet bangunan tua tampak terlihat dari jalanan utama Kota Krakow. Maklum saja, kota terbesar kedua di Polandia ini termasuk kota tertua di Polandia.

Di antara bangunan tua yang ada terselip Islamic Center. Tidak ada tanda khusus yang membuat bangunan ini dikenali. Ketika masuk ke dalam, barulah pengunjung dapat mengetahui identitas bangunan ini.

Bangunan Islamic Center merupakan sebuah rumah yang disulap menjadi masjid dan tempat pertemuan. Tampilan Islamic Center ini begitu sederhana. Ketika masuk, pengunjung dapat melihat karpet usang dan papan tulis yang ditempeli jadwal pengajian dan shalat. Di sampingnya, terdapat kalender dan bingkai kaligrafi.

Islamic center ini dibangun pada 2011 atas prakarsa Dr Hayssam Obeidat, seorang dosen ilmu politik di Universitas Jagiellonian. "Awalnya, kami menyewa sebuah ruang. Tapi populasi Muslim terus bertambah yakni sekitar seribu jiwa. Jumlah itu membuat kami harus membeli satu bangunan yang mampu menampung kegiatan umat Islam," katanya menjelaskan seperti dikutip Krakow Post, Senin (8/4).

Sehari-harinya, Islamic Center diisi dengan kegiatan shalat wajib berjamaah, kajian dan diskusi serta pelaksanaan Shalat Jumat. Tak ketinggalan, setiap perayaan hari besar Islam bakal digelar di tempat ini.

"Ke depan, kami berharap dapat membuka sekolah untuk anak-anak. Mereka akan diberikan pendidikan Islam dan umum," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement