Sabtu 30 Mar 2013 11:59 WIB

Daftar Tunggu Calhaj Hingga 2020

Calon jamaah haji (calhaj) sedang mengikuti bimbingan manasik haji (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Calon jamaah haji (calhaj) sedang mengikuti bimbingan manasik haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Daftar tunggu Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) sudah penuh hingga tahun 2020 mendatang.

"Banyaknya pendaftaran CJH pada Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ternate, yang setiap harinya berkisar 20 orang, mengakibatkan menumpuknya calon jemaah hingga tahun 2020," kata Kepala Kantor Agama Kota Ternate Muhammad Ibrahim di Ternate, Sabtu.

Kuota CJH tahun 2013 untuk Kota Ternate belum ditetapkan karena masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres) sehingga penentuan kuota saat ini belum diterima dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Malut.

Ibrahim mengatakan, penentuan kuota CJH memakai dua sistem, yang pertama yaitu seribu mendapat satu orang, artinya seribu jumlah penduduk mendapatkan jatah kuota satu orang calon jemaah.

Selain itu, penentuan kuota calon jemaah berdasarkan persebaran jumlah penduduk yang beragama islam. Oleh karenanya penetapan kuota CJH di Kabupaten dan Kota menggunakan pendekatan ini.

Dengan demikian, untuk kuota CJH semuanya masih menunggu Keppres dan kalaupun Keppres sudah dikeluarkan, maka tinggal bagian jatah yang dilakukan Kanwil Agama provinsi Malut, jelasnya.

"Namun kami berharap kuota CJH Kota Ternate juga ditambah tahun ini, sehingga bisa meminimalkan jumlah CJH dalam daftar tunggu yang makin membludak," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement