Rabu 23 Jan 2013 11:20 WIB

Alhamdulillah, Islam Bersemi di Jeju Korea Selatan (3-habis)

Islam Bersemi di Jeju Korea Selatan
Foto: riseap.org
Islam Bersemi di Jeju Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Oleh Afriza Hanifa

Ada Restoran dan Hotel Muslim

Satu hal yang kerap menjadi kendala bagi Muslimin yang tinggal di negara minoritas Islam adalah ketersediaan makanan halal. Apalagi, di Korea, daging babi menjadi bahan utama dalam banyak masakan. Tak terkecuali di Jeju. Bahkan, pulau ini terkenal dengan produksi daging babi hitam yang disukai warga setempat.

Tak hanya suka mengonsumsi babi, masyarakat Korea pun terbiasa minum alkohol setelah makan. Hal ini tentu menjadi masalah tersendiri bagi Muslimin Jeju. Meski sulit, makanan halal tak mustahil ditemukan di Jeju.

Untuk mendapatkan pangan halal, Muslimin Jeju memesan dari luar pulau. “Kami hanya memakan makanan halal. Sementara, tak ada makanan halal di Jeju. Karena itu, kami memesan dari daratan (wilayah Korea Selatan yang tergabung dengan benua Asia),” kata Syed Shanu, seperti dikutip The Jeju Weekly.

Meski demikian, terdapat sebuah restoran halal bergaya India di Jeju. Restoran Baghdad, demikian nama tempat makan Muslimin ini berlokasi di kawasan City Hall. Setahun setelah dibuka pada 2006, Baghdad telah memiliki sertifikat halal. “Domba dan hidangan vegetarian selalu halal. Tetapi, pelanggan harus membuat reservasi setidaknya satu hari lebih awal untuk ayam halal karena kita biasanya menggunakan ayam lokal. Untuk daging pun harus dipesan dari daratan,” ujar Hyun Ju-ryeong, pemilik restoran Bagdad.

Dalam tayangan video program wisata televisi Malaysia yang diunggah di YouTube tampak restoran Baghdad dikunjungi banyak wisatawan Muslim. Sesuai namanya, restoran tersebut hanya menyediakan makanan khas Baghdad, seperti kebab, samosha, sup ayam, dan sebagainya. Jangan berharap mendapatkan menu makanan Korea di restoran tersebut. Meski demikian, restoran ini sangat menolong wisatawan Muslim saat bingung mencari makanan halal.

Tak hanya restoran Muslim, Jeju yang sedang bersiap menyambut lebih banyak lagi wisatawan Muslim juga memiliki hotel Muslim. Seperangkat fasilitas ibadah lengkap dengan Alquran disediakan hotel tersebut. Arah kiblat pun tertera di kamar hotel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement