Rabu 10 Oct 2012 13:12 WIB

Jalan Hidup Salikin (6)

Ilustrasi
Foto: wordpress.com
Ilustrasi

Oleh: Prof Dr Nasaruddin Umar

Padepokan Sufi (Khanqah)

Kalangan sufi biasanya bersahabat dengan pondok atau padepokan khusus yang biasa disebut khanqah.

Padepokan sufi ini sengaja dibangun oleh pemimpin tarekat atau syekhnya guna memberikan pelayanan khusus kepada para mursyid atau murid yang sudah berada di tingkat yang lebih tinggi.

Selama berada di dalam khanqah, mereka terikat oleh ketentuan dan kebiasaan khusus yang sifatnya pendisiplinan diri. Mereka tidak boleh berperasaan sombong, angkuh, manja, banyak bertanya, banyak protes, banyak berbicara dunia, dan banyak berpikir logika.

Mereka berusaha berada di dalam kepasrahan total kepada Allah SWT. Kondisi seperti ini menirukan tradisi pembinaan yang dilakukan oleh Khidhir terhadap Nabi Musa yang dilarang mengaktifkan pikiran dan logika selama dalam proses pembelajaran.

Di dalam khanqah ini para mursyid dan murid khusus aktif melakukan olah spiritual atau riyadhah (spiritual exercise). Biasanya mereka terus-menerus melaksanakan shalat dan diselang-selingi dengan tadarus Alquran dan wirid. Kadang dilakukan berjamaah. Terkadang pula ditempuh sendirian.

Bagi para pemula biasanya mengikuti ketentuan khusus yang ditetapkan oleh syekh pemimpin khanqah. Ada sejumlah khanqah yang menerapkan ujian sebelum masuk menjadi jamaah atau penghuni khanqah.

Jika dalam kondisi spiritualnya sulit atau tidak berbakat menjadi ahlul khalwah (pengasingan diri) maka ia dianjurkan untuk menjadi ahlul khidmah.

Selama menjadi penghuni khanqah, para peserta biasanya dianjurkan mengonsumsi menu makanan yang terukur, misal nya, dianjurkan tidak makan daging, seperti dialog antara Rabiah Al-Adawiyah dan Hasan Al-Basri yang memunculkan sebuah ungkapan: “Jangan menjadikan perutnya sebagai kuburan”.

Para sufi dan resi dalam Hindu selama menjalani praktik meditasi tidak mengonsumsi daging. Makanan popular ahlul khanqah ialah Garmat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement