Senin 01 Oct 2012 17:02 WIB

Inilah Risiko Penyakit pada Jamaah dan Pencegahannya (2)

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani
vitamin/ilustrasi
Foto: lunchboxbunch.com
vitamin/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Asupan kalori, protein, karbohidrat, dan vitamin yang seimbang juga amat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan berat badan jamaah haji. Sumber protein yang mudah didapat misalnya telur, ikan, daging, dan susu. Bisa juga dibantu dengan suplemen vitamin B kompleks dan C dalam dosis yang sesuai.

Apabila kita termasuk orang yang sudah lanjut usia, persiapan diri bisa dilakukan dengan berjalan sejauh 3 km setiap hari dengan memakai sandal atau selop. Jangan lupa makan makanan yang seimbang setiap hari dan beristirahat dengan cukup.

Kita juga dianjurkan mengonsumsi vitamin, kalsium, dan mineral agar kondisi badan kita senantiasa terjaga. Jenis vitamin yang dianjurkan adalah yang mengandung vitamin neurotropik, B kompleks, C, dan D. Bisa juga kitameminta resep dari dokter agar tidak salah mengkonsumsi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Jika jamaah haji atau umrah menyandang cacat fisik maka ada baiknya ia melakukan latihan-latihan yang sesuai dengan kondisi fisiknya. Sebab seluruh rangkaian kegiatan dalam ibadah haji dan umrah disesuaikan dengan kondisi fisik manusia.

Sekiranya penyandang cacat tersebut membutuhkan bantuan orang lain dalam pelaksanaan ibadah haji, maka ia diperbolehkan untuk mencari pendamping.

sumber : Panduan Super Lengkap Haji & Umrah, Oleh Aguk Irawan MN
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement