Senin 01 Oct 2012 14:07 WIB

Calon Jamaah Haji Kloter 4 Kalsel Dilepas Gubernur

Bus Angkutan Jamaah Haji Indonesia
Foto: Republika/Heri Ruslan
Bus Angkutan Jamaah Haji Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANJABARU--Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin melepas jamaah calon haji kelompok terbang 4 Embarkasi Banjarmasin di Asrama Haji Banjarbaru, Senin (1/10). "Kami berharap jamaah yang diberangkatkan ini dan seluruh jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin lainnya dalam keadaan sehat hingga pulang ke Tanah Air," kata gubernur.

Jamaah haji kloter 4 yang dilepas gubernur merupakan jamaah dari Kabupaten Hulu Sungai Utara yang terdiri atas 320 orang ditambah 5 orang petugas daerah dan kesehatan. Gubernur kepada jamaah kloter 4 berpesan agar memperhatikan kondisi kesehatan karena ibadah haji merupakan rangkaian ibadah yang memerlukan kekuatan fisik disamping mental yang harus dijaga.

Ia juga meminta jamaah lebih fokus menjalankan rangkaian rukun haji dan ibadah lainnya daripada kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan rukun Islam kelima itu. "Jamaah harus fokus dan konsentrasi mempersiapkan diri menjalankan rukun haji dan ibadah lain. Jangan justru melakukan kegiatan lain seperti ziarah atau berbelanja," ujarnya.

Ia mengharapkan jamaah Embarkasi Banjarmasin juga harus bersyukur karena letak pemondokan dekat dengan tempat-tempat suci baik di Kota Madinah maupun Mekkah sehingga memudahkan jamaah melaksanakan rangkaian ibadah haji.

"Letak pemondokan seluruh jamaah Embarkasi Banjarmasin hanya berjarak 500 meter dari Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram, paling jauh 2,5 kilometer tetapi disediakan angkutan khusus bagi setiap jamaah," ujarnya.

Ia menambahkan, jamaah juga harus menyiapkan diri menghadapi suhu panas yang saat ini melanda Arab Saudi mencapai 45 derajat Celsius, agar tidak mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan dalam tubuh.

"Perbanyak minum dan jangan lupa mengonsumsi buah-buahan sehingga kondisi kesehatan tetap terjaga dari suhu panas yang bisa mengakibatkan kekurangan cairan tubuh hingga sakit," ujarnya.

Ketua Panitia Pengelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin Abdul Halim H Ahmad juga mengingatkan agar jamaah memperhatikan pola makan sehingga bisa menyesuaikan diri dengan kondisi di tanah suci tersebut.

"Bagi jamaah yang hendak beribadah terutama di waktu subuh, hendaknya makan dulu sehingga tidak sakit karena ibadah perlu kondisi yang fit dan harus diimbangi makanan yang cukup," katanya.

Menurut dia, seluruh jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin dari tiga kloter yang sudah berada di Arab Saudi sebanyak 975 orang. Mereka dalam kondisi sehat dan masih berada di Madinah menunggu dibe

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement