Selasa 25 Sep 2012 16:09 WIB

Misi Liga Dunia Islam (2-habis)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Sekjen Liga Dunia Islam, Dr Abdullah Al-Turki.
Foto: themuslimtimes.org
Sekjen Liga Dunia Islam, Dr Abdullah Al-Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut Ensiklopedi Islam, setidaknya ada lima tujuan utama dibentuknya Liga Dunia Islam.

Pertama, menyampaikan risalah Islam dan ajaran-ajarannya ke seluruh dunia. Kedua, menghilangkan kesan-kesan yang salah tentang Islam dan kaum Muslim yang ditimbulkan oleh propaganda musuh-musuh Islam.

Tujuan ketiga adalah membantu orang-orang Islam, terutama mereka yang tertindas dan merupakan golongan minoritas dalam menjaga dan memajukan hak-hak dan aktivitas-ativitas mereka yang bersifat keagamaan, pendidikan, dan kebudayaan.

Keempat, membantu masyarakat Islam dalam meningkatkan dakwah serta mencapai persatuan dan solidaritas Islam. Dan kelima, mendukung perdamaian, keselarasan, dan kerjasama internasional berdasarkan keadilan dan persamaan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Liga Dunia Islam melakukan berbagai usaha. Pertama, menggunakan musyawarah melalui muktamar ulama-ulama dunia Islam untuk bertukar pikiran dan melakukan koordinasi untuk penyebaran dakwah Islam.

Kedua, memanfaatkan musim haji dengan menyelenggarakan ceramah-ceramah dan seminar-seminar tentang Islam.

Ketiga, memberikan bantuan kepada juru dakwah dan para mubalig di seluruh dunia dalam usaha mereka menyebarkan Islam, baik dalam bentuk materi maupun fasilitas-fasilitas lainnya.

Keempat, dalam dunia media massa dan lektur Islam, menyebarkan secara cuma-cuma lektur Islam dalam berbagai bahasa, meningkatkan mutu penerbitan melalui surat-surat kabar, buku-buku, serta media-media lainnya.

Dan kelima, dalam bidang pendidikan, memberikan bantuan kepada perguruan-perguruan Islam di seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement