Ahad 02 Jul 2023 08:08 WIB

Pemimpin Dunia Muslim Puji Keberhasilan Haji

Haji merupakan ibadah paripurna yang membutuhkan kekuatan fisik dan batin.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Jamaah haji melakukan tawaf ifadah mengelilingi ka’bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (1/7/2023). Jutaan jamaah haji melakukan tawaf ifadah yang menjadi rukun haji usai melakukan wukuf di Arafah dan lempar jamrah di Jamarat.
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Jamaah haji melakukan tawaf ifadah mengelilingi ka’bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (1/7/2023). Jutaan jamaah haji melakukan tawaf ifadah yang menjadi rukun haji usai melakukan wukuf di Arafah dan lempar jamrah di Jamarat.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Para pemimpin dunia Muslim dan kepala organisasi Islam memuji Arab Saudi dan kepemimpinannya atas keberhasilan menyelesaikan haji tahun ini. Dilansir dari laman Saudi Gazette pada Ahad (2/7/2023) Liga Dunia Muslim (MWL) mengucapkan selamat kepada Kerajaan, di bawah kepemimpinan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Mohammed bin Salman, Putra Mahkota dan Perdana Menteri, atas keberhasilan musim haji.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Sekretariat Jenderal liga, Sekretaris Jenderal MWL dan Ketua Organisasi Cendekiawan Muslim Sheikh Mohammed bin Abdulkarim Al-Issa mengatakan, kesuksesan besar musim haji merupakan satu lagi pencapaian dalam daftar panjang pencapaian Kerajaan dalam melayani Dua Masjid Suci dan para peziarah, serta seluruh dunia Muslim.

Baca Juga

Menurut dia, keberhasilan ini merupakan hasil dari upaya besar dan koordinasi operasi berdasarkan sistem yang beroperasi sesuai dengan standar efisiensi, tanggung jawab dan profesionalisme tertinggi. Hal ini di bawah pengawasan dan tindak lanjut langsung dari Penjaga Dua Masjid Suci dan Putra Mahkota.

Sekretaris Jenderal memuji perawatan dan layanan yang diberikan oleh Arab Saudi kepada para jamaah. Kemudian menggarisbawahi upaya tanpa henti untuk meningkatkan tingkat layanan dan memanfaatkan semua kemampuan untuk memfasilitasi perjalanan haji.

 

Di samping itu, di Kairo, Imam Besar Al Azhar Sheikh Ahmed Al Tayeb mengucapkan selamat kepada pimpinan Kerajaan dan masyarakat Saudi atas keberhasilan musim haji 1444 Hijriah.

Sheikh Al Tayeb memuji peran besar yang dimainkan oleh Arab Saudi, di bawah kepemimpinan Penjaga Dua Masjid Suci dan Putra Mahkota. Adalah dengan menyediakan semua layanan bagi para peziarah yang datang dari seluruh dunia untuk menjalankan rukun Islam ini.

Imam Besar Al Azhar berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk melindungi Kerajaan dan semua negara Muslim lainnya, dan untuk memberkati mereka dengan keamanan, keselamatan, keselamatan, kemakmuran, dan stabilitas.

Sementara itu, Emir Kuwait Sheikh Nawaf Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, Putra Mahkota Sheikh Mishaal Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah dan Perdana Menteri Sheikh Ahmed Nawaf Al-Ahmed Al-Sabah mengucapkan selamat kepada Raja Salman atas keberhasilan musim haji.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement