Kamis 20 Sep 2012 21:31 WIB

KH Ali Ma'shum, Perintis Pesantren Alquran di Indonesia (3)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
KH Ali Ma'shum.
Foto: blogspot.com
KH Ali Ma'shum.

REPUBLIKA.CO.ID, Baru beberapa hari menikmati masa bulan madu, Kiai Ali ditawari pergi haji ke Makkah atas biaya dari seorang dermawan.

Kendati dengan perasaan berat, dia menerima tawaran tersebut. Selama di Makkah, disamping menunaikan ibadah haji, dia juga memperdalam ilmu keislaman dan bahasa Arabnya.

Ia bermukim di Makkah selama dua tahun dan belajar kepada Sayyid Alwy Al-Maliky dan Syekh Umar Hamdan. Selain itu, ia juga menjalin hubungan dengan ulama lain, serta dengan berbagai lembaga dakwah dan madrasah yang ada di Makkah saat itu.

Dilema pengabdian

Ketika Ali Ma’shum pulang dari Makkah, tahun 1941, Indonesia sedang mengalami penjajahan Jepang. Kesulitan hidup yang dihadapi masyarakat mengakibatkan pesantren sepi, ditinggalkan santrinya yang pulang kampung dan tidak mampu kembali ke pesantren lagi.

Saat-saat sulit seperti itulah yang dihadapi Ali Ma’shum sekembalinya dari Makkah. Tapi, ia tetap berteguh hati untuk menata pesantren ayahnya di Lasem.

Setelah sekitar dua tahun perjuangannya menghidupkan pesantren mulai membuahkan hasil, ia dihadapkan pada ujian yang lain. Ibu mertuanya, Nyai Munawir, menghadap KH Ma’shum dan meminta agar Ali Ma’shum pindah ke Krapyak untuk meneruskan mengasuh Pesantren Krapyak yang ditinggalkan oleh KH Munawir yang meninggal dunia pada 1942.

Dengan berat hati, ia pun meninggalkan Lasem, tanah kelahirannya, serta orang tua dan pesantrennya untuk memenuhi panggilan tugas yang lebih berat. Ketika Kiai Ali Ma’shum mengambil alih kepemimpinan Pesantren Krapyak, perkembangan pesantren tersebut memang kurang menggembirakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement