Jumat 14 Sep 2012 22:23 WIB

Gowa, Kesultanan Islam di Timur Nusantara (5-habis)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Pelabuhan Paotere, salah satu pelabuhan rakyat warisan tempo dulu yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14.
Foto: wordpress.com
Pelabuhan Paotere, salah satu pelabuhan rakyat warisan tempo dulu yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14.

Metamorfosis Kerajaan Gowa

Gowa merupakan kerajaan terbesar setelah Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang pernah berkuasa di wilayah nusantara.

Berdasarkan fakta-fakta sejarah yang ada,  kerajaan itu diperkirakan sudah berdiri sejak awal abad ke-13 M. Masyarakat dan penguasa Kerajaan Gowa menganut kepercayaan animisme.

Seiring berkembangnya Gowa menjadi pusat perdagangan di kawasan timur nusantara, para saudagar Muslim mulai berniaga ke wilayah itu.

Perlahan tapi pasti, ajaran Islam pun mulai bersemi di daerah kekuasaan Kerajaan Gowa. Agama Islam tak hanya menarik bagi masyarakat, tapi juga para penguasa kerajaan itu.

Menurut Ensiklopedi Islam terbitan Ichtiar Baru Van Hoeve (IBVH), penguasa Gowa pertama yang memeluk Islam adalah I Manga'rangi Daeng Manra'bia yang bergelar Sultan Alauddin Tumenanga ri Gaukanna (berkuasa 1593-1639).

Ia adalah raja Gowa ke-14. Kerajaan Gowa pun bermetamorfosis menjadi sebuah kesultanan. Karena sejak 1605 M, Islam menjadi agama resmi.

Setelah Sultan Alauddin wafat pada 1639, takhta Kesultanan Gowa diduduki I Mannuntungi Daeng Mattola yang bergelar Sultan Malikussaid. Sultan Malikussaid merupakan penguasa Gowa ke-15. Ia wafat pada 1653 setelah memerintah selama 14 tahun (1639-1653).

Putra Sultan Malikussaid yang bernama I Mallombasi Daeng Mattawang menggantikannya sebagai raja Gowa ke-16. Setelah dinobatkan menjadi raja, ia mendapat gelar Sultan Hasanuddin (memerintah pada 1653-1669). Pada masa pemerintahannya, Gowa menghadapi penyerangan kompeni Belanda (VOC).

Sultan Hasanuddin akhirnya harus mengakui keunggulan tentara Belanda dan terpaksa menyetujui perjanjian perdamaian yang dituangkan dalam Perjanjian Bongaya pada 27 Juni 1669.

Dua hari kemudian, pada 29 Juni 1669, Sultan Hasanuddin menyerahkan takhta kesultanan kepada putranya I Mappasomba Daeng Nguraga yang mendapat gelar Sultan Amir Hamzah.

Saat naik takhta usianya baru 13 tahun. Sultan yang masih muda itu tidak lama memerintah. Sultan Amir Hamzah wafat pada 7 Mei 1674. Takhta kesultanan akhirnya diduduki saudaranya, I Mappaossong Daeng Mangewai Karaeng Bisei, yang bergelar Sultan Ali. Sultan Ali hanya berkuasa selama tiga tahun (1674-1677).

Sesudah mengalami kekalahan pada 1669, raja-raja Gowa sesudah masa pemerintahan Hasanuddin bukan lagi raja-raja yang merdeka dalam penentuan politik kenegaraan. Mereka tidak lagi mempunyai kekuatan tentara maupun armada kapal.

Dan semenjak itu, kekuasaan Belanda dipusatkan di Kota Makassar, sementara Perjanjian Bongaya selalu diperbarui dan pada 1894 sudah sangat mengikat kekuasaan raja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement