Senin 27 Aug 2012 07:19 WIB

Masjid Nabawi, Mahakarya Arsitektur Islam Modern (4)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.
Foto: wayfaring.info
Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Lampu kristal

Untuk menambah penerangan dan keindahan di dalam masjid yang lama, dipasang 674 lampu-lampu kristal pilihan yang tidak membiaskan panas.

Lampu-lampu tersebut disusun dengan kerangka dari bahan kuningan berlapis emas. Jumlahnya juga sebanyak 674 buah dan terdiri atas tiga macam ukuran, yakni besar, sedang, dan kecil.

Adapun yang besar berukuran garis tengah 342 cm dengan berat sekitar 485 kg. Sedangkan, yang berukuran menengah atau sedang berdiameter 140 cm seberat 145 kg. Yang kecil berdiameter 120 cm dan berat 125 kg. Lampu-lampu ini dipesan khusus dari Italia, negara produsen kristal terkenal di Eropa.

12 payung raksasa

Pada bagian tengah Masjid Nabawi, terdapat dua ruang terbuka yang setiap ruang dilengkapi enam buah payung artistik, hasil perpaduan arsitektur modern dan teknologi canggih. Ke-12 payung raksasa ini berfungsi sebagai peneduh panas.

Payung raksasa ini dapat terbuka dan tertutup secara otomatis yang diatur oleh sistem komputer. Selain itu, melalui sebagian batang tubuhnya, dipasang pendingin ruangan (AC) yang secara otomatis pula memancarkan hawa dingin.

AC raksasa

Tak hanya payung yang berukuran raksasa, masjid ini juga dilengkapi dengan AC sentral raksasa. AC sentral ini dibangun di atas tanah seluas 70 ribu meter persegi yang terletak tujuh kilometer di sebelah barat masjid. Hawa dingin yang dihasilkan sistem itu dialirkan melalui pipa bawah tanah dan didistribusikan ke setiap penjuru masjid melalui bagian bawah setiap pilar yang berjumlah 2.104 buah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement