Jumat 10 Aug 2012 13:46 WIB

Masjid Nabawi, Rumah 10.000 Karpet

Rep: Agung Sasongko/ Red: Yudha Manggala P Putra
Karpet di Masjid Nabawi.
Foto: FLICKR/@Transposition_Fraz Ismat.
Karpet di Masjid Nabawi.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Bagi masyarakat Timur Tengah, posisi karpet merah merupakan penguat aksen budaya padang pasir. Di masa lalu, penguasa dan kalifah menjadikannya sebagai satu aset penting istana.

Itulah mengapa umat Islam mulai menggunakan karpet merah di masjid-masjid sebagai penanda betapa berharganya bangunan suci tersebut, sekaligus sebagai penegas rasa bangga sebagai Muslim.

Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid yang memanfaatkan fungsi karpet. Total 10.000 karpet terhampar di bagian dalam dan luar masjid. Soal kualitas karpetnya,sudah pasti kualitas nomor satu.

Seperti dilansir alarabiya.net, Jumat (10/8), di bagian dalam masjid terdapat 3.500 karpet, di bagian atas terdapat 2.000 karpet, dan di bagian luar masjid terdapat 4.000 karpet. Khusus Ramadhan, ada sekitar 9.500 karpet ditambah 500 karpet cadangan.

Pemerintah Saudi menolak untuk menyebut jumlah dana yang dikeluarkan guna merawat masjid atau karpet. Bila melihat dari kualitas karpetnya, tentu butuh perawatan lebih ketimbang karpet biasa.

Saksikan Videonya di bawah ini:

sumber : Al Arabiya
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement