Jumat 29 Jun 2012 19:59 WIB

Pentingnya Propaganda dalam Komunikasi Internasional

Rep: Anjar Fahmiarto/ Red: Chairul Akhmad
Sampul depan buku Propaganda dalam Komunikasi Internasional.
Foto: Blogspot.com
Sampul depan buku Propaganda dalam Komunikasi Internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam praktik komunikasi internasional dewasa ini, propaganda memainkan peranan yang sangat penting.

Sebab, hubungan internasional masih diliputi dengan konflik kepentingan antara satu negara dan yang lain, baik secara terbuka maupun terselubung.

Dalam menghadapi konflik, peran propaganda tidak kalah penting dengan diplomasi. Bahkan, peran keduanya kerap dilakukan secara beriringan.

Buku ini ditulis dengan tujuan memberikan pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang teori propaganda agar dapat digunakan untuk mengkaji kegiatan propaganda internasional.

Selain itu, buku ini juga mengupas praktik-praktik propaganda dengan mengedepankan keampuhannya dalam memengaruhi masyarakat yang terlibat dalam komunikasi internasional, baik pada masa lalu maupun kini. Ini perlu dijadikan pelajaran berharga bagi para diplomat, pemerhati hubungan internasional, akademisi, dan siapa pun yang berkecimpung dalam hubungan internasional.

Menurut penulis, propaganda sebagai salah satu bidang kajian komunikasi internasional tidak terlepas dari diplomasi dan jurnalisme serta komunikasi massa pada umumnya. Pada masa lalu, propaganda kerap digunakan dalam perang atau untuk memperluas wilayah pengaruh sebuah negara serta misi-misi kolonialisme.

Pada masa kini, propa ganda masih digunakan untuk tujuan sama dengan modus dan medan berbeda, termasuk medan persaingan ekonomi. Pertahanan negara pada masa kini belum memadai jika hanya mengandalkan kekuatan militer belaka.

Pertahanan dikatakan cukup bila sebuah negara memiliki kemampuan diplomasi serta agenda propaganda yang mampu menjawab tantangan yang dihadapi dalam berbagai aspek komunikasi hubungan internasional.

Tantangan tersebut tidak ringan karena pola hubungan internasional masih dihadapkan pada paradigma kekuatan dan kelemahan, seperti tampak pada polarisasi pusat pinggiran. Selain itu, propaganda juga kerap dirancang lebih sebagai trik atau tipuan untuk menggiring target masuk dalam perangkap propagandis.

Dalam buku ini, antara lain, dibahas tentang cakupan propaganda, metode dan teknik propaganda, persuasi dan penataan teknik propaganda, dan mekanisme propaganda internasional.

Selain itu, dikupas tentang propaganda dan pembentukan wacana, media massa dan propaganda, media massa dan komunikasi politik propagandistik, agitasi dan propaganda, serta film sebagai alat propaganda. Juga tentang propaganda klasik Nazi, klasik Barat, dan propaganda Barat kontemporer.

Judul          : Propaganda Dalam Komunikasi Internasional

Penulis      : Drs Mohammad Shoelhi MBA MM

Penerbit   : Simbiosa Rekatama Media

Cetakan    : Pertama, Mei 2012

Halaman   : xii + 264

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement