Selasa 10 Apr 2012 04:30 WIB

Agar Mudah Menghafal Alquran

Rep: Gita Amanda/ Red: Hafidz Muftisany
Alquranul Karim (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Alquranul Karim (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menghafal Al-Quran mungkin menjadi dambaan banyak orang. Namun menghafal 30 Juz dalam Al-Quran bukanlah hal mudah. Rois majelis ilmi Jam'iyatul Qurra Wal Huffazh, KH Ahsin Sakho Muhammmad membagi tips menghafal Al-Quran.

Selama ini menurut KH Ahsin Sakho, banyak ulama berhasil menghafal Al-Quran dalam waktu singkat. Ia menambahkan, untuk dapat menghafal Quran seseorang harus memiliki beberapa sifat diantaranya ikhlas, qonaah, ridho dan tawakal. “ Menghafal Quran harus dalam kondisi jiwa yang baik dan lingkungan yang baik pula,” ujar KH Ahsin Sakho saat jumpa wartawan di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Senin (9/4).

Jika telah memiliki sifat-sifat tersebut, KH Ahsin Sakho mengatakan InsyaAllah seseorang dapat menghafal Al-Quran dengan mudah. Namun Ia menambahkan, sifat tersebut jangan lantas disalah artikan. Ia mencontohkan, jangan sampai karena merasa sudah tawakal maka seseorang tak mau melakukan usaha apa pun. Manusia tetap harus berusaha untuk mencapai sesuatu. Bahkan para ulama pun berusaha dalam mengahafal Al-Quran. " Ulama-ulama besar misalnya, ada yang berhasil hafal Al-Quran dalam 40 hari. Setelah sebelumnya menghatamkan Al-Quran setiap hari selama 5-6 tahun," tuturnya.

Terkait penyelenggaraan MTQ Nasional dan Internasional yang akan diselenggarakan Jami’yyatul Qurra’ Wal Huffazh Nahdatul Ulama, pada Juli mendatang KH Ashin Sakho menyampaikan harapannya. Ia berharap ajang tersebut tak hanya sekedar sebagai kompetisi, namun lebih jauh dapat membuat umat Islam lebih memahami Al-Quran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement