Jumat 24 Feb 2012 13:10 WIB

Mengelola Tadarus Keluarga

Rep: Irwan Kelana/ Red: Chairul Akhmad
Buku Bacalah Alquran! Agar Keluarga Selalu Dilindungi Allah.
Foto: gramediaonline.com
Buku Bacalah Alquran! Agar Keluarga Selalu Dilindungi Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, Semua Muslim tahu bahwa Alquran akan memberikan manfaat  dan keutamaan yang besar bagi mereka yang mau membacanya.

Namun, hanya sedikit di antara mereka yang mengerti bahwa manfaat dan keutamaan tersebut akan semakin besar manakala Alquran dibaca, ditelaah, dan kemudian dimengerti melalui kegiatan tadarus keluarga.

Tadarus keluarga adalah sebuah kegiatan yang dimaksudkan sebagai media bagi anggota keluarga untuk mempelajari Alquran, mulai dari membaca, menulis, menerjemahkan, menghapalkan, memahami, hingga memprraktikkan ayat-ayatnya.

Dengan adanya sistem tadarus keluarga, kendala umat Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Alquran akan terpecahkan.

Buku yang ditulis oleh dosen, dai, dan pembina Pondok Pesantren Tahfizul Quran ‘Griya Quran’ di Juwiring, Klaten, dan Sambi, Boyalali, Jawa Tengah ini mengupas kiat dan hikmah mengelola tadarus Alquran yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh anggota keluga (suami, istri, anak) atau disebut tadarus keluarga.

Penulis menegaskan bahwa tadarus Alquran itu tidak hanya sekadar membaca Alquran secara bersama-sama, seperti yang dipahami umumnya kaum Muslimin dewasa ini.

Makna tadarus meliputi belajar membaca, belajar mamahami kandngan ayat, dan belajar bagaimana menerapkan seruan suatu ayat Alquran (hlm 8).  “Metode yang mereka (para sahabat Rasulullah SAW) gunakan dalam belajar Alquran adalah membaca, mempelajari maknanya, dan mengamalkan kandungannya.” (hlm 10).

Penulis menambahkan, “Dengan makna ini, kita bisa menyimpulkan bahwa tadarus tidak dibatasi di masjid-masjid atau pada bulan Ramadhan saja. Tadarus bisa diadakan di sekolah, kantor, dan bahkan di rumah. Di samping itu, tadarus bisa dilakukan setiap hari, bukan hanya pada hari-hari di bulan suci Ramadhan saja.” (hlm 11).

Salah satu yang ditekankan oleh penulis adalah pentingnya tadarus keluarga yang bisa disesuaikan waktunya sesuai dengan situasi dan kondisi keluarga tersebut masing-masing. Dalam buku ini penulis mencontohkan ia bersama istri dan anak-anaknya biasa melakukan  tadarus keluarga selepas shalat Subuh.

Penulis juga menegaskan bahwa tadarus keluarga merupakan salah satu wasilah (jalan) untuk menciptakan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah  (damai, penuh cinta dan kasih sayang).

Buku ini dibagi menjadi tujuh bab. Dimulai dengan selayang padang tadarus Alquran, manfaat dan keutamaan tadarus keluarga, sakinah dengan tadarus Alquran, lebih dekat dengan Alquran, tips mengelola tadarus keluarga, tadarus Alquran tingkat lanjut, dan kiat-kiat agar tadarus Alquran lebih berkesan. Buku ini sangat menginspirasi kaum Muslimin untuk memasyarakatkan tadarus keluarga.

Judul buku    : Bacalah Alquran! Agar Keluarga Selalu Dilindungi Allah

Pemulis         : Irfan Supandi

Penerbit        : Qultum Media

Cetakan         : I, Juli 2011

Tebal              : xii+192 hlm

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement