Selasa 21 Feb 2012 14:20 WIB

Ensiklopedi Akhlak Nabi SAW: Anjuran-Anjuran Rasulullah

Ilustrasi
Foto: Blogspot.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Berikut ini anjuran-anjuran Rasulullah SAW yang mendorong umatnya untuk berakhlak mulia:

Abu Dzar RA meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, "Bertakwalah kepada Allah dimana pun kamu berada. Iringilah kesalahan kamu dengan kebaikan niscaya ia dapat menghapuskan perbuatan buruk tersebut. Dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik." (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

Abu Darda RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesuatu yang paling berat dalam neraca adalah akhlak mulia." (HR. Ahmad).

Rasulullah SAW bersabda, "Hal yang paling berat dalam neraca amal seorang mukmin adalah akhlak mulia. Sungguh, Allah membenci orang yang keji." (HR. Ibnu Hibban dan Baihaqi).

Usama bin Syarik meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Hamba Allah yang paling dicintai-Nya adalah orang-orang yang berakhlak mulia." (HR. Hakim dan Thabrani).

Nabi SAW juga bersabda, "Berpegang teguhlah (pada agama Allah) dan perbaikilah akhlak terhadap manusia." (HR Ibnu Hibban dan Thabrani).

Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya orang yang paling baik di antara kalian adalah orang yang berakhlak mulia." (HR. Bukhari-Muslim).

Beliau juga bersabda, "Allah benar-benar Maha Indah dan menyukai keindahan, menyukai akhlak mulia, dan membenci akhlak tercela." (HR. Thabrani).

Usamah bin Syarik meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya manusia tidak pernah dikaruniai sesuatu yang lebih baik daripada akhlak mulia." (HR. Hakim dan Thabrani).

Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa saat ditanya hal apakah yang paling banyak memasukkan orang ke dalam surga, Rasulullah SAW menjawab, "Takwa kepada Allah dan akhlak mulia."

Rasulullah SAW juga bersabda, "Sungguh yang paling kucintai dari kalian adalah orang yang berakhlak paling mulia..." (HR. Thabrani)

sumber : Ensiklopedi Akhlak Muhammad SAW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement