Kamis 17 Nov 2011 18:49 WIB

Setelah Dua Hari Terlantar, Jamaah Haji Kloter 18 Solo Dipulangkan

Rep: muhamad subarkah/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH--Jamaah haji Indonesia kelompok terbang 18 SOC (Solo) akhirnya diberangkatkan pulang ke Tanah Air, Kamis (17/11) pukul 20.15 waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 24.15 WIB setelah tertunda kepulangan selama dua hari.

"Malam ini, jamaah SOC dipastikan akan dipulangkan ke Tanah Air dan sudah ada konfirmasi dari pihak Garuda Indonesia serta Muasasaah dan Nakobah," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah Arsyad Hidayat kepada pers di Mekah, Kamis.

Arsyad Hidayat mengatakan memang telah terjadi miskomunikasi antara pihak Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Mekah, Garuda Indonesia, Muasassah (badan yang dibentuk Pemerintah Arab Saudi untuk mengurus jamaah haji) dan Nakobah (organda).

Namun demikian, miskomunikasi sudah dibicarakan dan diselesaikan denghan baik, sehingga jamaah asal Solo sejumlah 375 orang segera diberangkatkan kembali ke Tanah Air, setelah tertunda dua hari.

Jumlahnya berbeda

Sebelumnya diberitakan jamaah haji asal kelompok terbang SOC berjumlah 375 orang sudah dua hari ini belum bisa kembali ke Tanah Air karena adanya perbedaan data jumlah penumpang yang didapat Garuda Indonesia dengan pihak maktab (pondokan).

"Kami sudah dua hari ini tidak bisa pulang ke Tanah Air, malah kloter yang dibelakang kami sudah pulang duluan," kata seorang jamaah haji asal Solo, Haryono.

Rombongan haji SOC kelompok terbang (Kloter) 18 jumlahnya 375 orang dan berada di pondokan wilayah Hafair.

Dikatakannya, pihak penerbangan Garuda mencatat Kloter 18 SOC terdapat 375 orang yang akan pulang, tapi ternyata oleh pihak maktab jamaah yang akan pulang hanya dikirim 130. "Akibat perbedaan data ini kami gagal pulang, karena pihak penerbangan tidak mau membawanya karena jumlah jamaah tidak klop dengan data penerbangan di bandara," katanya.

Menurut dia, akibat tidak bisa pulang tepat waktu sementara sewa pondokan sudah habis, maka para jamaah pun terlantar.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement