Jumat 21 Oct 2011 21:18 WIB

Calhaj Kehilangan Uang Saku, Gubernur Bantu Rp 400 Ribu

REPUBLIKA.CO.ID,SURAKARTA--Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surakarta menerima informasi puluhan calon haji asal Jawa Tengah kehilangan uang saku di Tanah Suci.

"Informasi itu disampaikan oleh Tim Pemantau Peningkatan Pelayanan Penyelenggaraan Haji (TP4H) Jateng di Arab Saudi kepada Satgas Asrama Haji Donohudan Boyolali," kata Ketua Humas PPIH Embarkasi Surakarta Badrus Salam di Boyolali, Jumat.

Menurut dia, ada sebanyak 24 calon haji asal Jateng yang dilaporkan kehilangan uang sakunya. Namun, kata dia, mereka yang kehilangan uang saku itu mendapat respon positif dari Pemerintah Provinsi Jateng.

Sebab, menurut dia, gubernur Jateng telah mengeluarkan kebijakan bahwa calon haji yang kehilangan uang saku mendapat bantuan masing-masing sebesar Rp 400 ribu.

Menurut dia, bantuan Pemerintah Provinsi Jateng itu disambut baik para calon haji, karena dengan bantuan tersebut mengurangi beban mereka yang kehilangan uang saku di Tanah Suci.

Kepala Bagian Agama, Pendidikan, dan Kesenian Provinsi Jateng Hari Sardjuli mengatakan pemerintah provinsi telah mengalokasikan dana sebesar Rp60 juta untuk membantu calon haji yang kehilangan uang saku di Tanah Suci.

Menurut dia, jumlah calon haji yang kehilangan uang saku di Tanah Suci diperkirakan akan bertambah hingga keberangkatan kelompok terbang (keloter) terakhir yakni keloter 91.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau jamaah asal Jateng tetap waspada dan membawa bekal secukupnya selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Berdasarkan pemantauan melalui data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat, jumlah jamaah Embarkasi Surakarta yang meninggal bertambah satu orang sehingga menjadi enam orang.

Seorang jamaah yang meninggal dunia atas nama Isrokhim Bin Sukis (43) asal Kendal. Jamaah itu, meninggal di Mekah, Rabu (19/10) akibat menderita gangguan sistem sirkulasi.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Surakarta, Jumat memberangkatkan calon haji ke Tanah Suci sebanyak empat kloter, yakni 60 orang asal Pemalang, 61 (Pemalang dan Karanganyar), 62 (Karanganyar dan Klaten), 63 (Klaten).

Rombongan keloter 60 diberangkat pukul 02.15 WIB, 61 pukul 05.00 WIB, 62 pukul 20.00 WIB, dan 63 sekitar pukul 23.00 WIB. Jumlah calon haji hingga kloter 62 yang diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 23.191 orang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement