Senin 26 Sep 2011 15:10 WIB

Imigran Asal Timur Tengah Sokong Syiar Islam di Kalangan Etnis Hispanik

Rep: Agung Sasongko/ Red: Siwi Tri Puji B
Muslim etnis hispanik
Foto: .
Muslim etnis hispanik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pertumbuhan komunitas Muslim latin tidak terlepas dari kehadiran imigran asal Timur Tengah seperti Lebanon, Palestina, atau Suriah. Sebab melalui imigran itu Islam diperkenalan dan diterima Muslim latin.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Luar Negeri, Muhyiddin Junaidi, memaparkan peran imigran Timur Tengah sangat besar terhadap perkembangan Islam di kalangan keturunan hispanik, terutama di Spanyol. Pengaruh itu lantaran populasi imigran cukup besar sehingga memberikan pengaruh. "Mereka perkenalkan Islam melalui budaya dan kebiasaan hidup sehari-hari," paparnya.

Karena itu, tak heran, kalau warga Amerika Latin tertarik dengan Islam. Namun, memang pertumbuhannya tidak demikian besar karena budaya Katholik sangat kuat di kawasan latin. "Ya, bergeliat namun tidak seperti di AS," katanya.

Muhyiddin optimis, geliat Islam di AS akan memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan Islam di kalangan warga Latin. Mengingat, ada warga Latin di AS yang banyak memeluk Islam."Melalui mereka bisa jadi pertumbuhan itu terjadi," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pertumbuhan Muslim di kalangan etnis Latin begitu pesat, terutama yang berada di kawasan selatan AS. Kondisi yang sama juga terjadi di Kolombia atau Meksiko. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement