Senin 29 Aug 2011 19:37 WIB

Masjid Agung As-Asyuhada, Pamekasan, Ikuti Ketentuan Pemerintah

Masjid Agung As-Asyuhada, Pamekasan
Masjid Agung As-Asyuhada, Pamekasan

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN - Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1432 Hijriah di masjid Agung As-Syuhada Pamekasan, Madura, Jawa Timur masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

"Kalau pemerintah pusat menetapkan tanggal 1 Syawal 1432 Hijriah ini Rabu, maka shalat Id di masjid ini akan kami gelar," kata Ketua Takmir Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan Abdul Mukti, Senin (29/8).

Menurut Abdul Mukti, pihaknya telah menyediakan tempat shalat khusus untuk warga yang akan menunaikan ibadah shalat Id. Sehingga kapanpun pelaksanaan shalat Id pihak takmir sudah siap melaksanakannya.

"Jadi meskipun lebaran besok, kita sudah siap. Soalnya persiapan sudah sejak tiga hari lalu," katanya menjelaskan.

Kapasitas tampung masjid Agung As-Syuhada Pamekasan sekitar empat ribu orang. Namun pada Hari Raya Idul Fitri ini pihak masjid menambah lagi dengan mendirikan tenda di halaman masjid.

Abduk Mukti memperkirakan khusus di halaman masjid dan di area monumen Arek Lancor sekitar enam ribu warga. Sehingga kapasitas tampung jemaah masjid nantinya bisa mencapai 10 ribu orang.

Sementara meski hasil tim Rukatul Hilal Pamekasan tidak melihat bulan sebagai pertanda memasuki tanggal 1 Syawal 1432 Hijriah, warga Pamekasan sudah menggelar takbir dengan mendirikan tenda di sepanjang jalan protokol di wilayah itu.

Gema takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri terdengar berkumandang, termasuk pesta petasan. Kasubag Humas Polres Pamekasan AKP Supingi, Senin malam menjelaskan, khusus pengamanan malam takbiran yang dilakukan oleh sebagian umat Islam malam ini, kepolisian menerjunkan sebanyak 76 personel.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement