Ahad 28 Aug 2011 15:20 WIB

Selasa, 2 Juta Umat Muhammadiyah Jabar Laksanakan Ied

Rep: Joko Suceno/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Sekitar dua juta warga Muhammadiyah Jawa Barat, akan melaksanakan shalat Idul Fitri 1423 H pada Selasa (30/8) pagi. Untuk tingkat Jawa Barat, shalat Ied dipusatkan di Lapangan Lodaya, depan kantor PW Muhammadiyah.

Sedangkan untuk tingkat Kota Bandung, akan dipusatkan di lapangan Perguruan Muhammadyah 7, Jl Kadipaten Raya, Antapani, Kota Bandung. Menurut Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Kabupaten Bandung, Zamzam Erawan, kegiatan di wilayahnya akan dipusatkan di depan kantor PDM Kabupaten Bandung, Jl Utama, Kecamatan Katapang.

"Pelaksanaan shalat Ied tanggal 30 September merupakan keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah," kata dia kepada Republika, Ahad (28/8).

Untuk Kota Bandung, kata Zamzam, kegiatan shalat Ied juga akan dilaksanakan di Lapangan Monumen Perjuangan Rakyat Jabar, Jl Dipatiukur. Selain di tempat tersebut, kata dia, Pimpinan Muhammadiyah Jabar telah menetapkan di setiap Pimpinan Cabang (kecamatan) menyediakan dua hingga empat lokasi shalat ied.

"Ini berlaku bagi Pimpinan Cabang di seluruh Jawa Barat," kata dia.

Shalat Ied di Lapangan Lodaya, sambung Zamzam, akan diimami oleh tokoh Muhammadiyah Jabar, Drs H Hidayat Salim. Sedangkan untuk di Perguruan Muhammadiyah 7 Antapani, imbuh dia, akan dipimpin oleh Drs H Rahmat Rusmayadi, MM, wakil ketua PW Muhammadiyah Jabar.

"Sedangkan untuk tingkat Kabupaten Bandung, insyallah saya sendiri yang akan menjadi imam," kata dia.

Erwan mengatakan, keputusan shalat Ied pada 30 Agustus, merupakan hasil perhitungan dengan menggunakan system Hisab Hakiki. Karena itu, kata dia, Pimpinan Pusat Muhammadiyah berpesan kepada seluruh warganya untuk tetap istiqomah dengan keputusan tersebut.

Berkaitan dengan kemungkinan perbedaan pelaksanaan shalat Ied, ia mengatakan tetap mengedepankan kebersamaan, ukhwuwah tanpa meninggalkan makna ibadah itu sendiri. "Pimpinan Pusat mengimbau seluruh jajaran melaksanakan shalat Ied dengan tertib dan tetap berkoordinasi dengan aparat terkait," tutur dia.

Kepala Sekolah Perguruan Muhammadiyah 7 Antapani, Kota Bandung, Dra Hj Mutiah Umar, MSi, menyatakan, lokasi untuk shalat Ied pada 30 Agustus sudah dipersiapkan. Pihaknya, kata dia, telah melakukan persiapan sejak hari ini.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk pelaksanaan shalat Ied tersebut. "Bahkan kami sudah berkoordinasi dengan masyarakat di sekitar komplek Perguruan Muhammadiyah," tutur dia.

Mutiah mengatakan, lokasi di Perguruan Muhammadiyah Antapani akan menampung sekitar 1.000 jemaah. Ia mengimbau kepada seluruh jamaah untuk tertib dalam pelaksaaan shalat Ied nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement