Jumat 29 Jul 2011 15:30 WIB

Ormas Islam Harus Jadi Pelopor Kesalehan Spiritual dan Sosial

Rep: C19/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Umat Islam --melalui ormas-ormas Islam-- seharusnya dapat memberikan sumbangan maksimal dalam mengaktualisasikan nilai-nilai spiritual Pancasila di tengah meredupnya nilai- nilai akhlak yang dialami bangsa.

Ketua Lembaga Kebijakan Publik DPP IMM, Ahmad Nur Hidayat mengatakan, para pendiri bangsa telah meletakkan sila pertama 'Ketuhanan Yang Maha Esa'. Hal ini bukti bangsa ini merupakan bangsa beragama.

Dalam konteks bangsa yang tengah menghadapi persoalan dalam hal penegakaN moral, etika dan akhlak, peran ormas Islam dan kaum Islam sangat dibutuhkan.

"Harus disadari dalam berbangsa yang mengedepankan nilai Pancasila, kesalehan seseorang tidak hanya dalam hal spiritual saja. Namun juga kesalehan sosial," ujarnya pada diskusi 'Peran Ormas Islam dalam Aktuali Nilai Pancasila', di Taman Ismail Marzuki, Jumat (29/7).

Padahal, lanjutnya, bangsa ini tengah Menghadapi ironi besar. Sebagai bangsa yang mendasarkan falsafahnya pada Pancasila dan mayoritas muslim ini jamak disinyalir sebagai bangsa yang berbudaya korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Kami yakin Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia (sila ke-V Pancasila akan terwujud jika semua elemen bangsa --termasuk ormas Islam-- ber-fastabiqul khairat-- dengan mengedepankan kesalehan spiritual dan kesalehan sosial," tegas Ahmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement