Kamis 30 Jun 2011 18:31 WIB

Haji Musim Depan, Pondokan di Mekah Terjauh 2.500 meter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pada penyelenggaraan haji 2011 seluruh pondokan jemaah haji di Mekkah akan berada di ring I (maksimal 2.500 meter dari Masjidil Haram), sehingga tidak ada lagi ring II atau jemaah yang tinggal lebih dari jarak 2.500 meter.

"Urusan pondokan hampir selesai. Hari ini sudah 95 persen tercapai target bahwa semua jemaah tinggal di Ring I dari total jemaah haji sebanyak 211 ribu," kata Menteri Agama Suryadharma Ali pada Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2008 kepada Kementerian Agama di Jakarta, Kamis (30/6).

Mulai tahun ini jarak terjauh Ring I 2.500 meter dari Masjidil Haram, sedangkan tahun lalu pondokan jemaah di Ring I memiliki jarak maksimal 2.000 meter dari Masjidil Haram dan Ring II maksimal 4.000 meter, ujarnya.

Tahun lalu (2010) jemaah haji di Ring I mencapai 63 persen dari seluruh jemaah dan Ring II hanya 37 persen, padahal pada tahun sebelumnya (2009) jemaah di Ring I hanya 27 persen dan di Ring II 73 persen, katanya.

Itulah mengapa kepuasan jemaah terhadap penyelenggaraan haji 2010 menurut survei yang dilakukan Kementerian Agama sangat tinggi mencapai 81,45 persen, katanya.

Soal pondokan di Mekkah, lanjut dia, sangat menjadi perhatian Kementerian Agama karena itulah sejak jauh-jauh hari petugasnya di Arab Saudi sudah mencarikan pondokan-pondokan terdekat bagi jemaah agar jemaah semakin puas.

Menteri juga meminta kepada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh agar menyisir semua calon jemaah haji yang telah berusia di atas 65 tahun agar bisa diberangkatkan tahun ini.

"Mereka akan kita habiskan tahun ini.

Tapi ada masalah lain karena mereka ini biasanya berangkat bersama anaknya atau cucunya. Idealnya seorang kakek atau nenek ditemani satu pendamping saja, jangan banyak-banyak," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hayat yang ditanya wartawan soal tersebut mengatakan, belum ada kebijakan soal apakah tahun-tahun berikutnya usia warga di atas 65 tahun tak diperkenankan untuk berhaji.

Menurut dia, warga yang usianya di atas 65 tahun dan telah mendaftar haji serta baru mendapat jatah beberapa tahun lagi akan diberi prioritas berangkat tahun ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement