Senin 26 Nov 2018 23:03 WIB

Ubah Sampah Jadi Rupiah Lewat Bank Sampah

Bank sampah menjadi salah satu program Rumah Zakat di bidang lingkungan.

Bank Sampah Bhakti Karya yang berada di lingkungan Puhun RT 06 RW 03 Kel. Sukamulya, Kec.Cigugur, Kab.Kuningan
Foto: rumah zakat
Bank Sampah Bhakti Karya yang berada di lingkungan Puhun RT 06 RW 03 Kel. Sukamulya, Kec.Cigugur, Kab.Kuningan

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN-- Bank Sampah Bhakti Karya yang berada di lingkungan Puhun RT 06 RW 03 Kel. Sukamulya, Kec.Cigugur, Kab.Kuningan mengubah sampah menjadi rupiah. Ini adalah salah satu program Rumah Zakat di bidang lingkungan yang diinisiasi oleh fasilitor Desa Berdaya Sukamulya.

Kegiatan Bank Sampah ini rutin dilaksanakan setiap satu pekan sekali. Warga menyetorkan sampah untuk ditabungkan di Bank Sampah. Pada pekan kemarin terkumpul sebanyak 173 kg sampah yang layak dijual.

photo
Bank Sampah Bhakti Karya yang berada di lingkungan Puhun RT 06 RW 03 Kel. Sukamulya, Kec.Cigugur, Kab.Kuningan.

"Alhamdulillah pada bulan ini hasil penjualan sampah mendapatkan 657.000 rupiah dari empat kali penimbangan." ujar Uci, selaku fasilitator Desa Berdaya Sukamulya.

Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan indah fasilitator bekerjasama dengan ketua RT 06 beserta warga melakukan pengecatan pada dinding dan pagar rumah warga serta menanam tanaman di depan rumah warga seperti cabai, seledri dan daun bawang.

"Saya selaku ketua RT 06 mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Zakat yg telah memberikan dukungan dan bantuannya kepada kami," kata Otong, selaku ketua RT 06.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement