Senin 07 Aug 2017 03:10 WIB

Keith: Hidup Sebagai Muslim Terasa Indah

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Mualaf (ilustrasi)
Foto: AP
Turki

Keith merasakan Islam banyak berpengaruh positif bagi kehidupan pribadinya. Dia mulai mema hami bahwa Muslim tidak seperti yang dia bayangkan selama ini. Dia tidak lagi merasa khawatir ke tika berhadapan dengan orang lain. Dia dapat bersinergi dengan ba nyak orang dari berbagai latar belakang. Tidak ada lagi yang da pat memberikan gambaran bu ruk tentang Islam karena Keith sudah memahami Islam dengan baik. "Saya melihat segala sesuatu da lam cahaya yang berbeda," kata dia.

Setahun sebelum bertugas di Turki, ada kekhawatiran yang dira sakannya. Kekhawatiran ini semakin memuncak saat dia mulai belajar Islam hingga dia benar-benar bertobat dan bersyahadat. Dia khawatir akan seperti apa sikap keluarganya ketika mengetahui dia menjadi seorang Muslim.

Dia khawatir akan dijauhi, dicerca, bahkan dimaki karena berpindah agama. Padahal, selama ini dia dibesarkan oleh keluarga yang taat dengan agama selain Islam. Keith semakin khawatir sampai-sampai ingin berusaha menghindari keluar ganya. Dia takut saudara dan orang tuanya kecewa.

Sebelum dia meyakini dan belajar Islam terselip sebuah pertanyaan pada dirinya. "Mengapa saya harus pindah ke tempat lain jika orang yang saya lihat selama ini melakukan hal yang sama dengan yang saya lakukan" tanya Keith dalam hati.

Dalam waktu setahun, dia mulai menemukan jawaban atas pertanyaan itu. Dia mu lai bisa memahami perbedaan keduanya. Bagi dia, orang-orang yang seagama dengannya dulu tidak setia dengan keyakinannya.

Awalnya, dia sangat merasa kesulitan dalam mempelajari Islam. Dia harus mengikuti kursus selama beberapa bulan dengan berbagai materi. Tidak hanya itu, dia juga harus mendengarkan ceramah dan mengikuti kelas khusus bagi pemula secara rutin. Baginya, mempelajari Islam tidak sulit. "Oke, saya siap belajar Islam dan bisa memahaminya dengan mudah," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement