Ahad 14 Apr 2019 19:53 WIB

Truffle, Jamur Berkhasiat Favorit Rasulullah Berharga Jutaan

Truffle jamur berkhasiat yang banyak ditemukan di Jazirah Arab

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Truffle putih
Foto: Phinemo.com
Truffle putih

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak tanaman herbal langka dan berkhasiat yang pernah dikonsumi Rasulullah SAW. Di antara sekian tanaman langka tersebut adalah al-kam’ah atau al-faqa’. Tanaman jamur ini dikenal dengan istilah truffle. Jamur ini banyak tersebar di Jazirah Arab. 

Padahal di masa Rasulullah justru banyak orang yang enggan untuk mengkonsumsinya. At-Thabari meriwayatkan dari Jabir RA, "Itu adalah cacar tanah lalu Rasulullah menjelaskan bahwa al-Kam'ah bukanlah cacar tanah tetapi termasuk jenis al-manna.

Baca Juga

Dalam sejumlah kitab tafsir, makna al-manna sebagaimana surah al-Baqarah ayat ke-57, makna kata al-manna adalah tanaman yang muncul dalam musim tertentu terutama musim hujan bercampur petir. Truffle konon dapat ditemukan dekat batang pohon besar. Berbentuk umbi, biasanya dalam satu lokasi bisa mencapai 20 hingga 30 buah. 

Orang arab menyebutnya tanaman petir karena al-kam'ah akan tumbuh semakin banyak bila banyak petir. Hujan musim semi disertai petir akan membuatnya tumbuh subur dan berkembang biak.  

Namun studi ilmiah menjelaskan jamur ini tidak dapat dibudidayakan. Hal inilah yang menjadikan truffle termasuk salah satu tanaman herbal yang berharga jual tinggi. Truffle hitam bisa dibandrol berkisaran 30 juta per kg dan 120 juta untuk truffle putih. 

Truffle merupakan salah satu tanaman obat. Mengutip hadis Bukhar dan Muslim, Rasulullah pernah menyatakan jika truffle airnya dapat menyembuhkan sakit mata. 

Dalam Konferensi Internasional Kedokteran Islam di Kuwait terungkap,  al- kam'ah efektif untuk mengatasi trakoma, salah satu penyakit infeksi pada mata. Penyakit ini disebabkan bakteri.

Selain itu ekstrak air Al Kam'ah dapat mencegah terjadinya pembentukan jaringan ikat atau fibrosis pada penyakit trakoma. Bisa jadi, hal itu terjadi akibat nettralisasi efek kimiawi racun-racun kuman penyebab trakom dan minimalisasi bertambahnya penumpukan sel. 

Al-kam'ah juga kaya akan protein. Kandungan lain yang terkandung dalam jamur ini adalah fosfor, kalium, sodium, kalsium, dan vitami B12. Sehingga dapat mengobati kuku rapuh, bibir pecah-pecah dan gangguaa penglihatan. 

Manfaat lain truffle adalah melancarkan pencernaan. Beberapa orang yang menderita alergi, gatal, dan penyakit kulit lain tidak disarankan untuk mengkonsumi jamur ini secara berlebihan.n Ratna Ajeng Tejomukti

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement