Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Ini Kata Ustaz Somad untuk Pegiat Fotografi

Sabtu 31 Mar 2018 15:19 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto

Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Foto itu bisa bercerita seribu kata.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ustaz Abdul Somad menyampaikan pesan kepada kalangan pecinta fotografi agar menghasilkan karya-karya yang bisa memberikan inspirasi dan kebaikan bagi orang banyak. Foto, menurut ustaz asal Riau itu, adalah sarana penyampai pesan yang sangat kuat.

"Foto itu bisa bercerita seribu kata. Sahabat-sahabat (fotografer), ambil lah gambar yang baik. Yang memberikan inspirsi," kata Ustaz Somad di Situ Patenggang, Kabupaten Bandung, Sabtu (31/3).

Pesan Ustaz Somad kepada para pagiat dan pecinta fotografi ini disiarkan melalui video oleh salah satu fotografer asal Bandung Dudi Sugandi melalui instagramnya.

Saat dikonfirmasi oleh Republika.co.id, Dudi bersyukur mendapat nasehat dari UAS yang di matanya adalah ustaz yang paling hits di Indonesia saat ini."Alhamdulillah dapat nasehat dari Ustaz Abdul Somad. Buat teman-teman komunitas fotografi mangga disimak baek-baek," tulis Dedi.

Masih di dalam video tersebut, UAS menceritakannya, tentang kekuatan sebuah foto saat dirinya menerangkan pelajaran di kampus. Dia menjelaskan, bagaimana suasana di Kota Kairo, Mesir yang ramai dengan pelajar dari berbagai negara dan juga para syekh dan ulama-ulama ternama.

Tapi hanya dari cerita, menurut Ustaz Somad, akan terjadi multitafsir dari mahasiswanya. Murid-murid, kata dia, akan punya persepsi berbeda dari cerita yang dia sampaikan. Barulah setelah Ustaz Somad memperlihatkan foto dirinya di Kairo, murid-muridnya punya pandangan dan persepsi yang sama.

Kemudian Ustaz Somad juga menyebutkan, faedah fotografi dalam mensiarkan dakhwah-dakwah para ulama. Kata dosen UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru itu, sering sekali dirinya mendapatkan kiriman foto ceramahnya. Di mana foto-foto yang bagus dari berbagai angle. Ada yang diambil dari atas sehingga UAS dapat menyadari ternyata tabligh akbar yang ia hadiri begitu ramai didatangi jamaah.

"Saya selesai ceramah ada yang kirim gambar dari atas. Pandai dia (fotografer) ini cari yang bagus. Foto memperlihatkan beginilah umat Islam untuk mengaji," ujar Ustaz Somad.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA