Rabu 27 May 2015 06:16 WIB

Inilah 10 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar di Dunia

Peta muslim dunia (ilustrasi)
Peta muslim dunia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pada 622 Masehi wahyu pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sejak saat itu dimulailah perjalanan penyebaran Islam ke seluruh pelosok dunia.

Hari ini, berdasarkan statistik, populasi Muslim telah tumbuh signifikan dibanding agama-agama lainnya di dunia. Jumlah muslim yang menghuni 23,4 persen dari populasi dunia, diprediksi akan menyentuh 60 persen memasuki 2070.

Berikut adalah 10 negara di dunia dengan populasi Muslim terbesar, dalam catatan The Pew Forum on Religion & Public Life pada 2010:

1. Indonesia

 

Negara di Asia Tenggara ini disebut sebagai tanah dengan populasi Muslim tertinggi. Persentase Muslim Indonesia mencapai hingga 12,7 persen dari populasi dunia. Dari 205 juta penduduk Indonesia, dilaporkan sedikitnya 88,1 persen beragama Islam.

2. Pakistan

Awalnya penduduk Muslim di Pakistan telah mengambil 11 persen dari seluruh populasi Muslim dunia. Namun pada 2010, jumlah Muslim di Pakistan terus meningkat menjadi 178 juta orang, yang berarti 96,4% merupakan mayoritas Muslim di Pakistan.

3. India

Dengan lebih dari 100 juta Muslim, ini adalah negara ketiga di dunia yang memiliki populasi tertinggi umat Islam. Pada 2010, persentase Muslim India hanya sebesar 10,9 persen dari populasi penduduk. Namun mengalami kenaikan menjadi 14,6 persen, atau sekitar 177 juta lebih dari warganya masuk Islam.

4. Bangladesh

Sebelumnya, negara ini memiliki total 9,2 persen Muslim. Tapi siapa menyangka kini persentase itu meningkat pesat ke 90,4 persen. Diperkirakan 149 juta Muslim di Bangladesh pada 2010.

5. Mesir

Negara benua yang mencakup sudut timur laut Afrika ini memiliki hingga 80 juta Muslim, yang membuatnya 4,9 persen dari populasi Muslim dunia. Mesir memiliki 94,7 persen warga Muslim dari total penduduk di negara ini.

6. Nigeria

Siapa yang menduga bahwa negara yang terletak di wilayah Afrika Barat menjadi pemilik urutan keenam. Menurut statistik, persentase Muslim di Nigeria sampai dengan 4,7 persen populasi muslim dunia. 76 Juta penduduk memeluk Islam di Nigeria.

7. Iran

Negara yang terletak di Asia Barat ini memiliki persentase 99,6 persen Muslim. Ada sekitar 76 juta Muslim di Iran, atau 4,6 persen dari populasi Muslim dunia. Mayoritas Muslim di negeri ini adalah Syiah.

8. Turki

Turki, produk Kekaisaran Ottoman yang terletak di kawasan Asia Barat dan Eropa Tenggara ini mayoritas Muslim dengan persentase 98,6 persen dari jumlah penduduknya. 76 juta Turki adalah Muslim, sehingga menyumbang 4,6 persen dari total penduduk Muslim dunia.

9. Algeria

Tidak banyak yang tahu bahwa negara yang terletak di Afrika Utara di pantai Mediterania ini memiliki total 38 juta Muslim. Catatan itu membuatnya dalam persentase 98,2 persen dari total penduduk di negaranya. Hal ini membuat Algeria meyumbang 2,1 persen dari total penduduk Muslim dunia.

10. Maroko

Negara di wilayah Afrika Utara memiliki populasi Muslim berjumlah 32 juta orang. Maroko 99,9 persen Muslim. Maroko menyumbang 2 persen dari total penduduk Muslim dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement