Jumat 12 Nov 2010 20:16 WIB

Tak Ada Transportasi ke Masjidil Haram, Jamaah Diimbau Persiapkan Diri untuk Wukuf

Rep: priyantono oemar/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH-–Kamis (11/11) pukul 14.00 waktu Makkah, layanan transportasi jamaah haji menggunakan bus besar dihentikan sementara. Pemerintah Arab memberikan kesempatan kepada para jamaah untuk konsentrasi persiapan wukuf 15 November. ‘’Wukuf adalah inti haji. Karena itu kita imbau agar jamah menjaga kondisi fisik agar bisa datang ke Arafah,’’ ujar Amirul Haj Suryadharma Ali.

Wakil Kepala Daker Makkah Bidang Transportasi, Tatan Rustandi, menjelaskan penghentian sementara layanan transportasi haji ini akan dimanfatkan untuk menyiapkan bus-bus itu untuk mengangkut jamaah ke Arafah, pada 15 November. Pengangkutan jamaah ke Arafah menjadi tanggung jawab pemerintah Arab Saudi.

‘’Kami telah melakukan sosialiasi ini kepada jamaah,’’ ujar Tatan. Penghentian sementara layanan transportasi ini akan diberlakukan hingga 20 November.

Di terminal transit Mahbas Jin (satu kilometer dari Masjidil Haram), petugas transportasi Indonesia sudah tak ada lagi mulai pukul 14.00. Pukul 16.15, petugas Arab Saudi mulai meminggirkan beton pembatas jalur ke sisi terminal menggunakan alat berat. Sampai Maghrib, bus-bus dari Mahbas Jin ke Masjidil Haram lewat terowongan masih ada beberapa yang dioperasikan untuk mengangkut jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement