Selasa 02 Nov 2010 00:50 WIB

Malaikat Maut Jemput Suwandi Saat Jadi Imam Shalat

Calon Jamaah Haji Indonesia
Foto: WASPADA.CO.ID
Calon Jamaah Haji Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN--Seorang calon haji dari Sumatera Utara, Suwandi Harun (58) yang tergabung pada kelompok terbang 16 Embarkasi Medan, meninggal dunia di Jeddah karena mengalami serangan jantung. Suwandi menghembuskan nafasnya terakhir, Jumat (29/10) sekitar pukul 19.30 Waktu Arab Saudi (WAS) saat menjadi imam shalat Isya di sebuah masjid tidak berapa jauh dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Ia mengatakan, Suwandi tiba-tiba saja lemas saat sedang melaksanakan sujud dan tidak  bangkit lagi.

Petugas kesehatan yang ada di sekitar lokasi segera memberinya pernafasan buatan. Setelah menunjukkan reaksi, Suwandi dibawa ke klinik kesehatan haji yang ada di Jeddah. Namun jiwanya tidak tertolong lagi.

Suwandi penduduk Jalan Letda Sujono Gang Adil Bandar Selamat Medan Tembung itu dimakamkan di pekamaman umum di Jeddah.

"Wafatnya calon haji tersebut sudah disampaikan oleh Kementerian Agama Wilayah Sumatera Utara kepada pihak keluarga Suwandi," kata Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, HM Sazli Nasution.

Sazli Nasution mengatakan, dengan wafatnya Suwandi itu, maka jamaah calon haji Sumut yang meninggal dunia mencapai enam orang.

Jamaah calon haji yang wafat itu adalah Karsono Dollah Sirait (75) warga Dusun Meranti, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Karsono, menghembuskan nafasnya yang terakhir di tanah Madinah, Sabtu (23/10) sekitar pukul 11.00 WAS dan telah dimakamkan di pekuburan Baqi.

Karsono meninggal dunia karena penyakit jantung dan tergabung pada Kloter 9 Embarkasi Medan, kata Sazli. Kemudian JCH lainnya yang wafat, Siti Amar Rambe Binti Jenda Jolo (73) penduduk Padang Halaban Siborgo Bilah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, Sumut.

Siti Amar yang tergabung pada Kloter 10 itu wafat di Asrama Haji Medan, Kamis (21/10) sekitar pukul 23.00 WIB , karena mengalami penyakit jantung. JCH Erlangga Muslim Hasibuan Bin Muslim Hasibuan (63) asal Kabupaten Simalungun, tergabung pada Kloter 3 Embarkasi Medan.

Erlangga meninggal dunia di Madinah, Rabu (20/10) sekitar pukul 17.30 WAS. JCH Panji Siswanto Bin Paidi (52) tergabung pada Kloter 2 Embarkasi Medan. Panji meninggal dunia di dalam pesawat terbang, Selasa (12/10) sekitar pukul 16.45 WIB yang sedang membawanya ke Jeddah. JCH Ramli Lubis Bin Abubakar asal Kabupaten Langkat yang tergabung pada Kloter 5 Embarkasi Medan. Ramli meninggal dunia di Rumah Sakit Haji Medan, Senin (18/10) sekitar pukul 08.15 WIB karena sakit, katanya.

Data yang diperoleh di Asrama Haji Medan, jumlah calon haji Sumut yang berangkat ke tanah suci itu tercatat sebanyak 8.330 orang yang terdiri dari 8.240 jamaah dan 90 orang petugas haji.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement