Rabu 13 Oct 2010 01:50 WIB

Jamaah Diminta Luruskan Niat Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Jamaah calon haji Indonesia di atas bus menuju madinah.
Foto: Siwi Tri Puji/Republika
Jamaah calon haji Indonesia di atas bus menuju madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH--Duta Besar RI untuk Arab Saudi dan Kesultanan Oman, Gatot Abdullah Mansyur, meminta kepada jamaah haji untuk mengencangkan niat, agar ibadah haji yang dilaksanakan dapat terlaksana dengan baik, dan pada akhirnya memperoleh haji mabrur. Hal itu disampaikan Dubes saat menjemput kedatangan kloter pertama jemaah haji di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Menurut Gatot, jemaah haji juga harus memperkuat sikap ikhlas, guna meringankan ibadah yang dilaksanakan. "Jaga kesehatan, makan dan minum yang teratur agar kondisi pisik tetap terjaga," ujarnya.

Gatot berharap, jemaah dapat menyesuaikan diri dengan kondisi iklim Arab Saudi yang dapat berubah dengan cepat. "Sebenarnya musim haji kali ini, berdasarkan predikisi BMKG Arab Saudi dalam kondisi sejuk, tapi tetap jangan lupa membawa pakaian hangat," pintanya.

Upacara penyambut kloter pertama jemaah haji Indonesia, diawali dengan penyerahan sorban untuk jemah haji pria dan sajadah bagi jemaah wanita, serta pembagian kurma untuk cemilan jemaah selama dalam perjalanan ke Madinah.

Kadaker Jeddah, Ahda Barori, mengatakan, proses kedatangan jemaah haji hari pertama melalui bandara King Abdul Jeddah, sebanyak 5 kloter berlangsung lancar. "Proses pemeriksaan keimigrasian berupa scaning dan foto untuk setiap kloter berlangsung sekitar 1 sampai 1,5 jam," ucapnya.

Jemaah di bandara, kata Ahda, beristirahat selama dua sampai tiga jam selanjutnya diangkut dengan bus menuju Madinah untuk melaksanakan shalat arbain dan ziarah.

sumber : MCH
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement