Selasa 28 Sep 2010 04:51 WIB

Empat Warga Chechnya Naik Haji dengan Berjalan Kaki

Empat warga Chechnya yang berjalan kaki menuju Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji
Foto: Al Riyadh
Empat warga Chechnya yang berjalan kaki menuju Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji

REPUBLIKA.CO.ID,TABUK--Perjuangan empat warga Chechnya ini untuk mewujudkan niatnya menjalankan ibadah haji tahun ini di Arab Saudi patut diacungkan jempol. Berbeda dengan jamaah haji lainnya yang berangkat menuju tanah suci dengan berkendaraan, keempat orang itu berjalan kaki dari negaranya dengan menempuh perjalanan ribuan kilometer.

Mereka berjalan melintasi beberapa negara. Keempat tamu Allah itu dikabarkan surat kabar Arab Saudi Al Riyadh, telah sampai di Yordania. Mereka bahkan telah meninggalkan Ibukota negara itu, Amman, menuju pelabuhan di Arab Saudi, Ammar, dan direncanakan bakal melalui Tabuk sebelum mulai mengunjungi tempat-tempat suci di Tanah suci.

Mereka adalah Raiova Jibril, Altmirov Haran, Vitaiova Fakhrudin, dan Xiaoyova Isamard. Mereka merasa senang karena keinginan untuk beribadah ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi bakal terwujud tak lama lagi. Melalui perjalanan panjang sejak 17 Juni 2010, mereka berangkat dari Chechnya melalui Azerbaijan, Iran, Suriah, Turki, dan beberapa hari lalu tiba di Yordania.

''Kami menempuh perjalanan sejauh 3.400 mil. Kami beristirahat hanya untuk duduk, mencuci pakaian, makan, dan sholat,'' ujar Jibril. ''Kami juga mempunyai satu sepeda yang digunakan bergantian.''

Haran menambahkan, ''Kami berdoa kepada Allah SWT agar bisa mengunjungi Masjidil Haram dan Makam Rasulullah.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement