Rabu 16 Jun 2010 07:51 WIB

Pemerintah Tunda Penetapan BPIH

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Pemerintah menunda penetapan BPIH 2010 yang sedianya dijadwalkan Selasa (15/6). Pemerintah juga belum bisa memastikan kapan BPIH 2010 akan ditetapkan.

Akan tetapi, pemerintah berjanji akan mengungumkann hasil akhir BPIH secepatnya sebelum tanggal 17 Juni. Demikian disampaikan Suryadharma Ali, Menteri Agama RI usai menghadiri rapat kerja Kementerian Agama dengan Komisi VIII RI di Jakarta, Selasa (15/6)

Suryadharma Ali menambahkan, sudah ada kesepakatan harga penerbangan dengan Garuda. Meski demikian, Suryadharma yang juga Ketua Umum DPP PPP tersebut enggan menyebutkan besaran harga. “Tidak etis saya menyebutkan angkanya,” ujarnya.

Sementara itu, Abdul Kadir Karding, Ketua Komisi VIII DPR RI, memaparkan penundaan dilakukan karena belum ada kesepakatan tentang besaran subsidi BPIH yang akan diambilkan dari dana optimalisasi haji. Selain itu, masih terdapat perbedaan persepsi harga penerbangan yang ditawarkan Garuda.

Abdul Kadir menjelaskan, DPR mendesak pemerintah untuk melakukan negoisasi dengan pihak Garuda. Namun, dia mengatakan dari angka 1728 yang DPR meminta diturunkan kembali menjadi 1724 dolar. DPR, tandas dia, akan tetap berusaha agar Garuda berkenan mengurangi lagi hingga 1720 dolar. “Jika disepakati akan terjadi penurunan biaya penerbangan signifikan sebesar 59 dolar,” tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement